NET-BUILDING AUGMENTED REALITY: PENGARUHNYA TERHADAP ASPEK KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA
Abstract
Pembelajaran berbasis Augmented Reality, merupakan salah satu variasi pengajaran yang cukup populer saat ini. Namun, dalam suatu pembelajaran produktif di SMK, media ini perlu terus dikenalkan terutama pada era Kurikulum Merdeka. Penelitian ini mencoba untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dikembangkan berdasarkan metode pemecahan masalah, terhadap aspek kognitif dan afektif siswa. Tiga puluh dua siswa kelas dua belas (M = 17,5; SD = 0,5 tahun) dari sekolah SMKN 2 Kraksaan dipilih secara acak untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Kinerja kognitif dan afektif diukur dengan menggunakan tes dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan pembelajaran Augmented Reality dengan metode pemecahan masalah, memperoleh pengaruh positif pada aspek kognitif dan afektif. Melalui penelitian ini memberikan bukti bahwa penggunaan Augmented Reality dapat mendukung dan meningkatkan hasil belajar siswa SMK