STUDI META ANALISIS TERKAIT PENDIDIKAN NASIONALISME DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian terkait telaah literatur pendidikan nasionalisme di Sekolah Dasar masing jarang ditemukan. Karenanya, pada penelitian ini bertujuan untuk menyajikan data telaah literatur menggunakan metode meta analisis tentang pendidikan nasionalisme di Sekolah Dasar. Tahapan penelitian meliputi identifikasi, penyaringan, kelayakan, inklusi, dan penyajian analisis dengan menggunakan bantuan aplikasi Publish or Perish 7, VOSviewer, dan NVIVO 12 Plus. Hasil pencarian artikel sesuai tema di Scopus melalui aplikasi Publish or Perish 7 terdapat 292 artikel yang disaring menjadi 85 paper terpilih. Temuan topik tersebut adalah pendidikan karakter, pendidikan, pendidikan arsitektural, pola asuh demokratis, sikap nasionalisme, pembentukan karakter, pendidikan internasional, kewarganegaraan digital, akulturasi, literasi, pendidikan kewarganegaraan, permainan tradisional, pendidikan kebangsaan, dekolonialisme, etnisitas, implementasi penguatan pendidikan karakter, etno nasionalisme, dan kurikulum. Temuan penelitian menyebutkan bahwa pendidikan nasionalisme di sekolah dasar merupakan usaha sadar lembaga pendidikan untuk menanamkan pemahaman, pengetahuan, dan sikap siswa untuk mencintai dan membela negara yang diimplementasikan melalui mata pelajaran PKn, IPS, dan pendidikan karakter, yang berdampak pada pembentukan karakter, kecintaan siswa pada bahasa, budaya, dan keutuhan negara. Penelitian selanjutnya perlu mengkaji pendidikan nasionalisme di sekolah dasar berdasarkan pendekatan, strategi, media, materi, perkembangan teknologi, dan tren penelitian.