HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-QOMARIYAH
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar pembelajaran bahasa Arab. Motivasi penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar siswa dilihat dari hasil ujian sekolah. Berdasarkan hasil ujian individu semester tahun 2023/2024, hasil akhir pembelajaran siswa yang tinggal di pondok pesantren berbeda-beda, siswa yang mendapat nilai tinggi mendapat nilai sangat tinggi serta siswa yang mendapat nilai rendah mendapat nilai sangat rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua metode yaitu validitas dan reliabilitas, serta korelasi product-moment Pearson dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui eratnya hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar bahasa arab di pondok pesantren Al-Qomariyah Galang. Berdasarkan hasil penelitian dengan nilai kepentingan variabel lingkungan belajar dan variabel hasil belajar sebesar 0,000 yaitu 0,000 < 0,05 maka ada hubungan atau korelasi antara variabel lingkungan belajar dengan hasil belajar. Tabel tersebut juga menunjukkan bahwa korelasi Pearson antara lingkungan belajar dengan hasil belajar adalah sebesar 0,666 yang menunjukkan bahwa derajat hubungan kedua variabel tersebut adalah positif dan mempunyai nilai korelasi yang kuat.