STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MULTIGUNA PADA BANKMUAMALAT KCU MEDAN BARU DALAM MENINGKATKAN NASABAH
Abstract
Pembiayaan IB Muamalat Multiguna adalah pembiayaan konsumen yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dimana fasilitas pembiayaan konsumen berdasarkan akad Murabahah atau akad ijarah multijasa dengan tujuan pembelian barang dan jasa. Banyaknya produk perbankan dan keuangan syariah di Indonesia mendorong pelaku bisnis saling bersaing untuk menarik nasabah melalui berbagai strategi yang disesuaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Iskandar Muda. Penelitian ini memakai data dengan teknik dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi pemasaran dengan Marketing Mix. Ada empat aspek bauran yang digunakan, Produk (Product), Tempat (Place), Harga (Price) dan Promosi (Promotion). Dengan menggunakan analisis deskriptif, ditemukan bahwa dari keempat dimensi bauran pemasaran, promosi merupakan faktor yang paling menarik minat nasabah terhadap Pembiayaan IB Muamalat Multiguna.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, Pembiayaan Multiguna Muamalat