STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MULTIGUNA PADA BANKMUAMALAT KCU MEDAN BARU DALAM MENINGKATKAN NASABAH

  • Santry Fadhilah Harahap Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri SumateraUtara
  • Dina Nudia Ahsanah Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri SumateraUtara
  • Sugianto Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri SumateraUtara

Abstract

Pembiayaan IB Muamalat Multiguna adalah pembiayaan konsumen yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dimana fasilitas pembiayaan konsumen berdasarkan akad Murabahah atau akad ijarah multijasa dengan tujuan pembelian barang dan jasa. Banyaknya produk perbankan dan keuangan syariah di Indonesia mendorong pelaku bisnis saling bersaing   untuk   menarik   nasabah   melalui   berbagai   strategi   yang disesuaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Iskandar Muda. Penelitian ini memakai data dengan teknik dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi pemasaran dengan Marketing Mix. Ada empat aspek bauran yang digunakan, Produk (Product), Tempat (Place), Harga (Price) dan Promosi (Promotion). Dengan menggunakan analisis deskriptif, ditemukan bahwa dari keempat dimensi bauran pemasaran, promosi merupakan faktor yang paling menarik minat nasabah terhadap Pembiayaan IB Muamalat Multiguna.

Kata Kunci : Strategi pemasaran, Pembiayaan Multiguna Muamalat

Published
30-04-2023
How to Cite
Santry Fadhilah Harahap, Dina Nudia Ahsanah, & Sugianto. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MULTIGUNA PADA BANKMUAMALAT KCU MEDAN BARU DALAM MENINGKATKAN NASABAH. Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 4(1), 146-154. Retrieved from https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1089
Section
Articles
Abstract views: 370 , PDF downloads: 475