EFEKTIFITAS PENYALURAN INFAQ DAN SODAQOH MELALUI PROGRAM DANA BERGULIR TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO MUSTAHIK

Efektifitas, infaq dan sodaqoh, dana bergulir.

  • Muhammad Alwi Sihab Bashari Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum

Abstract

Perkenalan Pendistribusian dana infaq dan sodaqoh dengan fungsi konsumtif telah dipandang sebagai salah satu pandangan tradisional yang perlu disempurnakan untuk kesejahteraan para mustahiq dalam rentang waktu yang lama, karena permasalahan kemiskinan tidak mudah untuk dirubah, dengan jumlah penerimaan infaq dan sodaqoh baznas lumajang yang mencapai hingga 500 juta pertahunnya maka bukan tidak mungkin mungkin untuk melaksanakan pendanaan secara produktif, dari adanya hal tersebut baznas lumajang membuat program penyaluran dana secara bergulir agar kemandirian ekonomi para mustahik bisa meningkat.

Metode Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini untuk mencari fakta- fakta mengenai efektifitas penyaluran infaq dan sodaqoh melalui program dana bergulir dan mencari keterangan secara faktual dengan melihat fenomena sosial tentang tingkat ke efektifan penyaluran dana bergulir baznas terhadap peningkatan usaha mikro mustahik.

Hasil Penyaluran dana infaq dan sodaqoh melalui program dana bergulir efektif dalam mengembangkan usaha mikro mustahik, adanya pengawasan, ketepatan dan efisiensi pengunaan dana berhasil meningkatkan usaha mereka. Adapun kendala yang dihadapai yaitu kurangnya tenaga dalam melakukan pencatatan atas pengembalian dana oleh para penerima program, kurangnya pengetahuan para penerima program tentang cara pemasaran produk.

Keseimpulan Dan Saran penyaluran dana infaq dan sodaqoh sudah efektif, namun perlu ada perbaikan dengan menambah tenaga yang secara khusus menangani pencatatan pengembalian dana oleh mustahik, sekaligus perlu adanya pelatihan khusus bagi para penerima agar tingkat keberhasilan usaha mustahik lebih signifikan.

References

Hendarti, A. M., Yudha, A. T. R. C., Wicaksono, R. A., Maksum, M., & Huda, N. (2023). The Knowledge, Service Features, Benefits, And Convenience and Their Influence on Customer Interest: Evidence on BSI Mojopahit 2 Mojokerto City, Indonesia: Pengaruh Pengetahuan, Fitur Layanan, Manfaat dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan BSI Mobile Banking Pada Tahun 2021: Studi Pada BSI KCP Mojopahit 2 Kota Mojokerto. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 13(1), 49-66.

Yudha, A. T. R. C., Setiani, S. Y., & Huda, N. (2023). Eksistensi Generasi Muda dalam Menjaga Ketahanan Pangan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Studi di Desa Kadungrembug, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Economics Development Issues, 6(2), 106-116.

Published
29-04-2024
How to Cite
Muhammad Alwi Sihab Bashari. (2024). EFEKTIFITAS PENYALURAN INFAQ DAN SODAQOH MELALUI PROGRAM DANA BERGULIR TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO MUSTAHIK. Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 5(1), 28-38. Retrieved from https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1607
Section
Articles
Abstract views: 36 , PDF downloads: 39