STRATEGI PROMOSI MELALUI “ MEDIA SOSIAL FACEBOOK” DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN KULINER BAKSO BALUNGAN (Studi: Kuliner Bakso Balungan Mak Jah Tempuran Demak)

Minat beli Konsumen, Media Sosial Facebook, Promosi, Strategi.

  • Is Solikhatun Universitas Sultan Fatah Demak
  • Teguh Imam Rahayu Universitas Sultan Fatah Demak
  • Anis Ni’am Imana Sekolah Tinggi Agama Islam Islamic Center Demak

Abstract

Tujuan penelitian kuliner Bakso Balungan Mak Jah adalah menganalisis strategi periklanan kuliner Bakso Balungan Mak Jah menggunakan media sosial facebook untuk meningkatkan minat beli konsumen, serta kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapan strategi periklanan kuliner Bakso Balungan Mak Jah. Cakupan dalam penelitian ini pelaku usaha, karyawan dan konsumen Warung Kuliner Bakso Balungan. Peneliti menggunakan teknik wawancara dalam pengumpulan data. Sampel yang digunakan yaitu teknik snowball sampling dan metode analisis data kualitatif dengan mereduksi, menyajikan, dan memyimpulkan data. Hasil analisis penelitian dalam menarik minat beli Kuliner Bakso Balungan dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) Strategi promosi konten berbasis media Facebook sebagai sumber atau alat untuk mempromosikan produk  (2) Efektifitas informasi Facebook membantu mempromosikan nama dan produk ke masyarakat luas serta mempererat hubungan konsumen sehingga meningkatkan loyalitas konsumen (3) Kendala pengelolaan media sosial di Facebook, yakni menentukan engagement dan visibilitas. (4) Mengatasi hambatan persaingan strategis saat mempromosikan Bakso Kuliner Balunga Mak Jah di media sosial Facebook dengan menciptakan pemasaran digital yang efektif dapat mencapai keberhasilan dalam menarik konsumen potensial dan menciptakan pelanggan setia. Penting untuk menyediakan produk atau layanan yang berkualitas tinggi, memberikan pelayanan terbaik dan menawarkan diskon atau penawaran khusus kepada pelanggan setia. Komunikasi yang efektif dan responsif juga menciptakan sikap positif di kalangan calon konsumen.

References

Hendarti, A. M., Yudha, A. T. R. C., Wicaksono, R. A., Maksum, M., & Huda, N. (2023). The Knowledge, Service Features, Benefits, And Convenience and Their Influence on Customer Interest: Evidence on BSI Mojopahit 2 Mojokerto City, Indonesia: Pengaruh Pengetahuan, Fitur Layanan, Manfaat dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan BSI Mobile Banking Pada Tahun 2021: Studi Pada BSI KCP Mojopahit 2 Kota Mojokerto. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 13(1), 49-66.

Yudha, A. T. R. C., Setiani, S. Y., & Huda, N. (2023). Eksistensi Generasi Muda dalam Menjaga Ketahanan Pangan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Studi di Desa Kadungrembug, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Economics Development Issues, 6(2), 106-116.

Published
29-04-2024
How to Cite
Is Solikhatun, Teguh Imam Rahayu, & Anis Ni’am Imana. (2024). STRATEGI PROMOSI MELALUI “ MEDIA SOSIAL FACEBOOK” DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN KULINER BAKSO BALUNGAN (Studi: Kuliner Bakso Balungan Mak Jah Tempuran Demak). Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 5(1), 39-49. Retrieved from https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1608
Section
Articles
Abstract views: 34 , PDF downloads: 58