KONSTRIBUSI PARA CENDEKIAWAN MUSLIM DAN KIPRAHNYA DALAM PERKEMBANGAN EKONOMI ISLAM DI SEKTOR PERDAGANGAN DI ERA DIGITALISASI (Studi Kasus Pengguna atau Konsumen Shopee di Kalangan Mahasiswa)

Eko Islam Klasik, Ekonomi Digitalisasi.

  • Nurul Fadila Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Abstract

Pada dasarnya ekonomi Islam telah ada sejak masa Nabi Muhammad SAW. Sering kali kita mendengar bahwa nabi Muhammad SAW merupakan seorang pedagang yang pandai dan jujur, beliau yang pertama kali mempraktikkan sekaligus menetapkan dasar ekonomi Islam berdasarkan kitab suci al-qur’an yang telah Allah SWT turunkan. Seiring dengan perkembangan zaman muncullah Teknologi digital yang menjadi salah satu modal utama digunakan oleh para pelaku industri untuk mengembangkan usaha mereka. Munculnya beragam aplikasi digital sebagai alat pembayaran merupakan salah satu bukti yang menunjukkan perkembangan sektor finansial di era ekonomi digital ini. Tidak hanya sistem pembayaran, aplikasi-aplikasi digital yang berkaitan dengan sistem pembiayaan pun mulai banyak dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat. Tidak heran, saat ini, topik terkait financial teknologi atau sering disebut sebagai Fintech menjadi salah satu topik yang sering dibahas oleh para pelaku ekonomi digital. Melalui platform e-commerce banyak produk produk hasil budaya dan kreativitas masyarakat lokal Indonesia yang diperjual-belikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak mahasiswa yang tertarik dengan perdagangan di era digitalisasi. Penelitian ini dilakukan pada kalangan mahasiswa fakultas ekonomi dan binis Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong. Dimana mahasiswa merasa dimudahkan dengan berkembangnya ekonomi di era digitalisasi.

References

Hendarti, A. M., Yudha, A. T. R. C., Wicaksono, R. A., Maksum, M., & Huda, N. (2023). The Knowledge, Service Features, Benefits, And Convenience and Their Influence on Customer Interest: Evidence on BSI Mojopahit 2 Mojokerto City, Indonesia: Pengaruh Pengetahuan, Fitur Layanan, Manfaat dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan BSI Mobile Banking Pada Tahun 2021: Studi Pada BSI KCP Mojopahit 2 Kota Mojokerto. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 13(1), 49-66.

Yudha, A. T. R. C., Setiani, S. Y., & Huda, N. (2023). Eksistensi Generasi Muda dalam Menjaga Ketahanan Pangan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Studi di Desa Kadungrembug, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Economics Development Issues, 6(2), 106-116.

Published
29-04-2024
How to Cite
Nurul Fadila. (2024). KONSTRIBUSI PARA CENDEKIAWAN MUSLIM DAN KIPRAHNYA DALAM PERKEMBANGAN EKONOMI ISLAM DI SEKTOR PERDAGANGAN DI ERA DIGITALISASI (Studi Kasus Pengguna atau Konsumen Shopee di Kalangan Mahasiswa). Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 5(1), 70-77. Retrieved from https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1611
Section
Articles
Abstract views: 45 , PDF downloads: 46