TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP JUAL BELI DENGAN METODE CASH ON DELIVERY (COD) PADA PROMOSI LIVE STREAMING TIKTOK

Cash on Delivery (COD), Live Streaming TikTok, Ekonomi Islam.

  • Tiara Dwi Nurdiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Moh. Mukhsin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Abduh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan terhadap metode Cash on Delivery (COD) dalam transaksi pembelian melalui Live Streaming TikTok dari perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analitis. Pembahasan mengungkapkan bahwa dalam konteks ekonomi Islam, COD dianggap sah karena pembayaran dilakukan saat barang diterima, sesuai dengan prinsip keabsahan transaksi dalam Islam. Tanggung jawab penjual dan pembeli juga menjadi fokus penting, di mana penjual harus memastikan barang sesuai dengan yang dijanjikan dan pembeli membayar harga barang sesuai kesepakatan. Transparansi menjadi aspek krusial untuk mencegah penipuan atau penyalahgunaan. Garansi dalam praktek COD juga dipandang sebagai implementasi prinsip keadilan, kejujuran, dan tanggung jawab dalam muamalah Islam. Garansi memberikan hak kepada pembeli untuk memprotes atau mengembalikan barang jika tidak sesuai, serta mencerminkan tanggung jawab sosial penjual terhadap produk yang ditawarkannya. Dengan demikian, garansi dalam praktek COD tidak hanya memberikan kepastian dan perlindungan kepada pembeli, tetapi juga menciptakan lingkungan perdagangan yang adil dalam ekosistem ekonomi digital, sesuai dengan nilai-nilai ekonomi Islam.

References

Hendarti, A. M., Yudha, A. T. R. C., Wicaksono, R. A., Maksum, M., & Huda, N. (2023). The Knowledge, Service Features, Benefits, And Convenience and Their Influence on Customer Interest: Evidence on BSI Mojopahit 2 Mojokerto City, Indonesia: Pengaruh Pengetahuan, Fitur Layanan, Manfaat dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan BSI Mobile Banking Pada Tahun 2021: Studi Pada BSI KCP Mojopahit 2 Kota Mojokerto. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 13(1), 49-66.

Yudha, A. T. R. C., Setiani, S. Y., & Huda, N. (2023). Eksistensi Generasi Muda dalam Menjaga Ketahanan Pangan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Studi di Desa Kadungrembug, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Economics Development Issues, 6(2), 106-116.

Published
29-04-2024
How to Cite
Tiara Dwi Nurdiawati, Moh. Mukhsin, & M. Abduh. (2024). TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP JUAL BELI DENGAN METODE CASH ON DELIVERY (COD) PADA PROMOSI LIVE STREAMING TIKTOK. Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 5(1), 140-155. Retrieved from https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1620
Section
Articles
Abstract views: 153 , PDF downloads: 166