STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT, INFAK, SEDEKAH (ZIS) DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS UPZ BAZNAS YAKIN)

  • Moh. Arifin
  • Maghfiroh Ahlul M

Abstract

ABSTRACT

Introduction : Pada saat ini, Indonesia sedang dalam keadaan yang tidak baik khususnya dibidang ekonomi. Hal ini dikarenakan dampak dari pandemi Covid-19, sehingga menghambat sektor perekonomian. Pada lembaga amil zakat kondisi pandemi ini berdampak terhadap penghimpunan dan pemberdayaan dana zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu strategi fundraising dan distribusi dana ZIS di masa pandemi Covid-19 pada UPZ BAZNAS YAKIN.

Methods : Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data berupa data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.

Results : UPZ BAZNAS YAKIN semakin meningkatkan strategi fundraisingnya dengan mengoptimalkan program-program fundraising yang dijalankan. Sedangkan dalam distribusinya, UPZ BAZNAS YAKIN menyiapkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Conclusion and suggestion : Dengan pengelolaan yang tepat, zakat dapat menjadi sumber dana yang dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi ini.

Keywords : Pandemi, Covid-19, UPZ BAZNAS YAKIN, Zakat, Infak, Sedekah, Fundraising, Distribusi

Published
29-12-2021
How to Cite
Moh. Arifin, & Maghfiroh Ahlul M. (2021). STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT, INFAK, SEDEKAH (ZIS) DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS UPZ BAZNAS YAKIN). Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 2(2), 239-251. https://doi.org/10.55210/arribhu.v2i2.666
Section
Articles
Abstract views: 737 , PDF downloads: 1138