ANALISIS MANFAAT E-PAYMENT DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • Nining Winarsih sadeli ISLAMIC OF ZAINUL HASAN UNIVERSITY

Abstract

Introduction: Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi global atau teknologi internet mengarah pada pembentukan lingkungan elektronik global untuk kegiatan ekonomi, yang salah satu wujud nyata adalah beredarnya Epayment.

Methods: Desain yang digunakan dalam Desain yang digunakan dalam penelitian ini melakukan pendekatan deskriptif kualitatif. participant-observation karena peneliti itu sendiri yang harus jadi instrument utama dalam pengumpulan data dengan cara mengobservasi langsung objek penelitian.

Results: hasil penelitian menunjukkan bahwa ekosistem digitalisasi sudah mulai massif digunakan karena internet tidak hanya tersedia di wilayah rural namun juga di wilayah urban, bahkan merebak ke penjuru negeri. Namun beberapa masih ada keraguan dalam penggunaan e payment karena penyalahgunaan oleh oknum sehingga tidak sesuai dengan syariat Islam. Oleh karenanya dalam pembahasan dideskripsikan secara lugas prinsip ekonomi Islam saat menggunakan e-payment,

Conclusion and suggestion: penelitian ini di rekomendasikan bagi khalayak untuk menambah wawasan dalam memahami digitalisasi ekonomi namun tetap dalam koridor perspektif dan ajaran Islam.

Keywords: e-payment; e-commerce; ekonomi islam

Published
04-05-2022
How to Cite
sadeli, N. W. (2022). ANALISIS MANFAAT E-PAYMENT DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 3(1), 31-43. https://doi.org/10.55210/arribhu.v3i1.798
Section
Articles
Abstract views: 624 , PDF downloads: 767