PENERAPAN AKAD NADZAR PADA PEMBIAYAAN QARDH (STUDI PADA KOPERASI BMT MASLAHAH JAWA TIMUR)

  • Saifuddin Syuhri Universitas Islam Zainul Hasan
  • Abd Ghafur Universitas Islam Zainul Hasan

Abstract

Introduction: Makalah ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan meninjau literatur dan mewawancarai anggota yang mendapatkan pembiayaan qard, untuk mendapatkan informasi tentang fleksibilitas dan kenyamanan akad nadzar serta menetapkan informan ahli sebagai sumber utama yaitu kepala cabang, Direktur, Direktur Utama, Pengurus dan Pengawas BMT Maslahah di 100 kantor cabang yang berkedudukan di wilayah kecamatan, kota kabupaten wilayah propinsi jawatimur. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’, Pengurus Majlis Ulama’ Indonesia cabang, Pengurus syuriyah Nahdlatul Ulama’, dan beberapa tokoh masyarakat. Wawancara difokuskan pada produk pembiayaan qardh dengan menerapkan akad nadzar kepada anggotauntuk mempresentasikan pandangan para praktisi terkait penerapanakad nadzar pada pembiayaan qardh.

Methods: Desain/Metodologi/pendekatan

Result: Studi ini menemukan bahwa BMT Maslahah mempunyai model penerapan akad nadzar pada pembiayaan qardmemberikan pemahaman dan kemudahan serta kenyamanan pada anggota. Penerapan akad nadzar pada pembiayaan qardh adalah merupakan produk akad baru yang menjadi alternatif akadyang dapat dijelaskan dalam penelitian ini.

Conclusion and suggestion: Temuan penelitian ini menambah literatur tentang penerapan akad nadzar pada pembiayaan qardh di BMTdengan memungkinkan peneliti dan praktisi untuk menelaah terhadap penerapan akad nadzar.Temuan ini juga berkontribusi untuk memperkaya pengetahuan tentang akad-akad pada BMTdan kebutuhan pembiayaan anggota.  juga memberikan kontribusi pada bidang ekonomi Islam khususnya kepada Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Keywords: Akad Nadzar,Pembiayaan Qardh, BMT

Published
30-04-2022
How to Cite
Saifuddin Syuhri, & Abd Ghafur. (2022). PENERAPAN AKAD NADZAR PADA PEMBIAYAAN QARDH (STUDI PADA KOPERASI BMT MASLAHAH JAWA TIMUR). Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 3(1), 44-64. https://doi.org/10.55210/arribhu.v3i1.808
Section
Articles
Abstract views: 376 , PDF downloads: 548