KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN ISLAMI MENURUT PROF HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR

  • Sri Mulyani Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Abstract

Introduction: Artikel ini untuk mengkaji tentang karakteristik kepemimpinan Islami menurut Prof Hamka yang terdapat didalam Tafsir Al-Azhar. Artikel ini ditulis dengan menggunakan metode literatur review. Karakteristik kepemimpinan Islam menurut Buya Hamka bisa diidentifikasi menjadi karakteristik spiritual, karakteristik moral dan karakteristik fisik. Karakter utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin diantaranya adalah amanah dan jujur, berani, bijaksana dan setia kawan.

Methods: Dalam penelitian ini menggunakan uji kualitatif untuk mengetahuikarakteristik kepemimpinan islami menurut Prof Hamka yang tedapat dalam tafsir Al Azhar.

Results : Hasil dari kajian ini bahwa kepemipinan dalam perspektif Islam bisa didekati dengan dua istilah yaitu sebagai khalifah dan imamah.

Conclusion : Kepemipinan dalam perspektif Islam bisa didekati dengan dua istilah yaitu sebagai khalifah dan imamah.

Menurut Buya Hamka faktor yang bisa mendorong seseorang menjadi pemimpin diantaranya adalah karena faktor keturunan, kekuatan, kepandaian, pemimpin lain mengakuinya sebagai pemimpin, faktor agama dan paham yang dianut serta faktor kegairahan untuk mendapatkan kekuasaan.

Karakteristik kepemimpinan Islam menurut Buya Hamka bisa diidentifikasi menjadi karakteristik spiritual, karakteristik moral dan karakteristik fisik.

Kata Kunci: Kepemimpinan Islami, Prof Hamka, Tafsir Al-Azhar

Published
30-04-2022
How to Cite
Sri Mulyani. (2022). KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN ISLAMI MENURUT PROF HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR. Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 3(1), 65-73. https://doi.org/10.55210/arribhu.v3i1.809
Section
Articles
Abstract views: 2912 , PDF downloads: 2317