ENTREPRENUERSHIP PERSPEKTIF ISLAM

  • Abd. Ghafur Universitas Islam Zainul Hasan
  • Saifuddin Syuhri Universitas Islam Zainul Hasan

Abstract

Introduction: Kewirausaan berkaitan dengan tindakan pengambil risiko, petualang kreatif ke dalam bisnis baru atau orang yang menghidupakn kembali bisnis yang sudah ada. Kewiraushaan pespektif Islam merupakan sebuah komposisi dari dua konsep yang diperebutkan secara individual: islam dan kewirausahaan. Islam dalam inti minimalnya adalah pernyataan keyakinan pada Allah dan Rasulnya (Nabi Muhammad Saw). Wirausahaan adalah sseorang yang mana sering mengeksploitasi peluang melalui rekombinasi sumber daya yang ada sambil menanggung ketidakpastian dalam usahanya.

Method: Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model pengamatan dan wawancara langsung untuk mendapat sumber imformasi.

Conclusion: Temuan dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa perilaku seorang wiraushawan Muslim selalu mengikuti nilai-nilai dasar syariat Islam, dimana akan menyelaraskan antara keingainan masyarakat dan individu. Nilai tersebut meliputi adanya keadilan, tidakakan mengekspoitasi orang miskin, adanya moral tanggung jawab, akuntabilitas, serta ekuitas dalam masalah urusan keuangan.

Keywords : Islam, Entrepreneur

Published
30-04-2022
How to Cite
Abd. Ghafur, & Saifuddin Syuhri. (2022). ENTREPRENUERSHIP PERSPEKTIF ISLAM. Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 3(1), 74-84. https://doi.org/10.55210/arribhu.v3i1.810
Section
Articles
Abstract views: 303 , PDF downloads: 500