MODEL PENGELOLAAN DANA FILANTROPI ISLAM DALAM LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (LKS) (Studi Kasus Pada Kjks Bmt Marhamah Wonosobo)

  • Yasifa Fitriani Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Background: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengelolaan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) serta proses pendistribusiannya untuk pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Lembaga Keuangan Syariah dengan studi kasus pada BMT Marhamah Wonosobo.

Method: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripsi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis data primer yang didapat langsung dari wawancara dan data sekunder yang berasal dari BMT Marhamah Wonosobo.

Result & Conclusion:: Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengelolaan yang dilakukan oleh Baitul Mal BMT Marhamah adalah penghimpunan menerapkan logika fundrising, pendistribusian dalam bentuk konsumtif dan produktif, pendampingan berupa pelatihan bisnis dan mengontrol perkembangan modal. Program pemberdayaan mampu meningkatkan ekonomi dan membangun mental masyarakat.

Kata kunci: BMT, Model Pengelolaan Dana ZIS

Published
30-04-2022
How to Cite
Yasifa Fitriani. (2022). MODEL PENGELOLAAN DANA FILANTROPI ISLAM DALAM LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (LKS) (Studi Kasus Pada Kjks Bmt Marhamah Wonosobo). Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 3(1), 85-103. https://doi.org/10.55210/arribhu.v3i1.811
Section
Articles
Abstract views: 451 , PDF downloads: 613