https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/issue/feedAr-Ribhu : Jurnal Manajemen dan Keuangan Syariah2025-01-13T14:08:21+07:00Moh. Abd. Rahmanjurnalarribhu05@gmail.comOpen Journal Systems<p align="justify">Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen dan Keuangan Syariah is an Islamic economic and business journal published by University of Islamic Zainul Hasan Genggong. This journal publishes original research in the field of Islamic management and finance. The purpose of this journal is to discuss the most important topics in islamic economics and business, the existence of this journal Ar-Ribhu is certainly very important in studying, enriching and developing various ideas and theories. Research related to Islamic economics and business, thus the journal Ar-Ribhu will make a positive contribution in enriching the treasures of thought in the field of Islamic economics and business. The journal is published twice a year, in April and December. Editor's Address: Jl. PB. Sudirman No. 360 Kraksaan Probolinggo East Java 67282 Phone. (0335) 842178 <strong>ISSN (Print) : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1589176200&1&&">2747-1330</a> E-ISSN (Online) : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1606086738&1&&">2774-5570. </a></strong></p> <p><span style="font-family: 'Bookman Old Style','serif';">Ar-Ribhu accepts original manuscripts in the field of Islamics Economics, including research reports, case reports, application of theory, critical studies, and literature reviews. The spread of Islamic Economics include (but not limited to): </span></p> <p style="margin: 0cm 0cm .0001pt 21.3pt;"><span style="font-family: 'Bookman Old Style','serif';">1. Islamic Finance and Capital Market</span></p> <p style="margin: 0cm 0cm .0001pt 21.3pt;"><span style="font-family: 'Bookman Old Style','serif';">2. Islamic Banking</span></p> <p style="margin: 0cm 0cm .0001pt 21.3pt;"><span style="font-family: 'Bookman Old Style','serif';">3. Management of Islamic Business, Entrepreneurship, and Tourism</span></p> <p style="margin: 0cm 0cm .0001pt 21.3pt;"><span style="font-family: 'Bookman Old Style','serif';">4. Islamic Accounting and Islamic Reporting</span></p> <p style="margin: 0cm 0cm .0001pt 21.3pt;"><span style="font-family: 'Bookman Old Style','serif';">5. Islamic Risk Management and Sharia Insurance</span></p> <p style="margin: 0cm 0cm .0001pt 21.3pt;"><span style="font-family: 'Bookman Old Style','serif';">6. Islamic Social Finance</span></p> <p style="margin: 0cm 0cm .0001pt 21.3pt;"> </p> <p style="margin: 0cm 0cm .0001pt 21.3pt;"> </p>https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1900KUALITAS LAYANAN DAN EXPERIENTIAL MARKETING: IMPLIKASI TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG 2024-12-21T02:00:01+07:00Alfa Royhah Islamiyah210211100002@student.trunojoyo.ac.idFathor ASfathor.as@trunojoyo.ac.idDarul Islamdarul.islam@trunojoyo.ac.id<p><strong>Pendahuluan:</strong> Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penting sektor pariwisata dalam mendukung ekonomi nasional dan regional, khususnya di Kabupaten Sumenep, yang masih mengalami fluktuasi jumlah kunjungan wisatawan. Dalam hal ini, kualitas layanan dinilai sebagai faktor kunci untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan minat mereka untuk berkunjung ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas layanan terhadap minat berkunjung ulang wisatawan Museum Keraton Sumenep melalui pendekatan experiential marketing.</p> <p><strong>Metode penelitian: </strong>Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara terhadap 75 responden. Teknik analisis yang diterapkan adalah analisis jalur dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Variabel yang dianalisis meliputi kualitas layanan, <em>experiential marketing</em>, dan minat berkunjung ulang.</p> <p><strong>Hasil: </strong>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ulang, sedangkan <em>experiential marketing</em> tidak memediasi hubungan antara kualitas layanan dan minat berkunjung ulang secara signifikan. Kualitas layanan berdampak langsung dan positif terhadap keinginan wisatawan untuk kembali berkunjung, namun <em>experiential marketing</em> tidak memberikan kontribusi signifikan sebagai variabel mediasi.</p> <p><strong>Kesimpulan dan saran: </strong>Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan agar pengelola Museum Keraton Sumenep meningkatkan kualitas layanan untuk mendorong kunjungan ulang wisatawan.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1901EKPLORASI MINAT KUNJUNG ULANG MELALUI CITRA DESTINASI DAN EXPERIENTIAL MARKETING: STUDI EMPIRIS PADA WISATA BOKEIT TAWAP2024-12-21T02:00:03+07:00Aprilia Rosadi210211100003@student.trunojoyo.ac.idFathor ASfathor.as@trunojoyo.ac.idDarul Islamdarul.islam@trunojoyo.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh citra destinasi dan experiential marketing terhadap minat kunjungan ulang melalui kepuasan wisatawan di destinasi wisata Boekit Tawap, Kabupaten Sumenep. Data dikumpulkan dari 100 responden yang telah berkunjung ke lokasi tersebut menggunakan metode Accidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan dan minat kunjungan ulang, sementara citra destinasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kedua variabel tersebut. Kepuasan wisatawan terbukti memediasi pengaruh experiential marketing terhadap minat kunjungan ulang, namun tidak memediasi pengaruh citra destinasi terhadap minat kunjungan ulang. Penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi pengelola destinasi wisata untuk meningkatkan strategi pemasaran guna meningkatkan kepuasan dan minat berkunjung ulang wisatawan, terutama melalui peningkatan pengalaman wisata.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1902MENINGKATKAN AKTIVITAS REVISIT INTENTION MELALUI BRAND IMAGE, SERVICE QUALITY, DAN CUSTOMER SATISFACTION (Studi pada Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort 2024)2024-12-21T02:00:04+07:00Putu Ayu Trisna Febrianty trisnafebrianty@undiknas.ac.idNi Putu Dera Yanthiderayanthi@undiknas.ac.idNi Nyoman Dewi Pitalokapitalokacahyadi@undiknas.ac.idNi Made Destin Rahayu destinrahayuu10@gmail.com<p>Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Bali memberikan pengaruh positif terhadap industri perhotelan di Bali. Hal ini memicu persaingan bagi industri akomodasi pariwisata khususnya hotel guna peningkatan performa mereka. Penelitian ini bertujuan sebagai penjelasan peran <em>brand image</em>, <em>service quality</em>, dan <em>customer satisfaction </em>terhadap <em>revisit intention</em>. Pelaksanaan penelitian ini di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Sampel pada penelitian ini sebanyak 90 responden yang merupakan pengunjung Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort melalui penggunaan metode penentuan sampel purposive sampling. Penelitian ini memanfaatkan kuesioner yang dibagikan langsung kepada pengunjung sebagai alat bantu. Analisis teknis mengindikasikan bahwa kepuasan pelanggan berdampak positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali. sebagaimana temuan ini, diharapkan Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort akan terus memelihara citra mereknya, dapat memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh pengunjung, selalu memperhatikan fasilitas hotel sehingga dapat menciptakan kepuasan pelanggan.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1903PENGARUH MUSLIM FRIENDLY DESTINATION DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN AER MATA2024-12-21T02:00:05+07:00Nur Azizah Itsnaini nurazizahitsnaini2@gmail.comYustina Chrismardani yustina.chrismardani@trunojoyo.ac.id<p>Destinasi wisata menjadi pembahasan yang menarik akhir-akhir ini. Industri pariwisata global yang semakin kompetitif, mengharuskan orang-orang yang berkecimpung pada bidang ini harus memahami kebutuhan, minat, permintaan, serta perilaku wisatawan. Munculnya konsep destinasi yang ramah muslim sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan bagi seorang muslim yang ingin berwisata. Sasaran penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh antara variabel muslim <em>friendly destination</em> terhadap kepuasan wisatawan Aer Mata (2) mengetahui pengaruh antara variabel religiusitas terhadap kepuasan wisatawan Aer Mata, Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Metode penelitian menggunakan eksplanatori dengan model persamaan menggunakan regresi linear berganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh wisatawan Aer Mata dengan prosedur pengumpulan data dengan menggunakan <em>purposive sampling</em> dengan mendistribusikan kuesioner kepada 97 responden, selanjutnya akan di lakukan pengujian menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel muslim <em>friendly destination </em>berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan Aer Mata (2) variabel religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan Aer Mata.</p>2023-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1904PENGARUH KONTEN VISUAL DI INSTAGRAM DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN GEN Z PADA PANTAI LON MALANG KAB SAMPANG2024-12-21T02:00:06+07:00Sohebol Gofar sohebolgofar@gmail.comYustina Chrismardani yustina.chrismardani@trunojoyo.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten visual di Instagram dan citra destinasi terhadap minat berkunjung wisatawan Generasi Z ke Pantai Lon Malang, Kabupaten Sampang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan variabel independen berupa konten visual (X1) dan citra destinasi (X2), serta variabel dependen minat berkunjung (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, dengan total responden sebanyak 97 orang. Analisis data dilakukan menggunakan metode statistik untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik konten visual di Instagram maupun citra destinasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan Generasi Z. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas konten visual di media sosial serta pembentukan citra destinasi yang positif dapat meningkatkan minat berkunjung wisatawan, terutama di kalangan Generasi Z. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar pengelola destinasi dan pemerintah daerah meningkatkan promosi melalui konten kreatif di media sosial dan menjaga kualitas citra Pantai Lon Malang untuk menarik lebih banyak wisatawan.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1905PENGARUH DAYA TARIK, FASILITAS DAN WORD OF MOUTH (WOM) PADA MINAT KUNJUNG KEMBALI WISATAWAN KE AIR TERJUN TOROAN KABUPATEN SAMPANG2024-12-21T02:00:07+07:00Nurul Komariyanurulkomariya09@gmail.comDeykha Aguilikadeykha.aguilika@trunojoyo.ac.id<p>Minat mengunjungi kembali merupakan bentuk perilaku dari pengalaman kunjungan sebelumnya terhadap kualitas jasa layanan destinasi di wilayah yang sama. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis pengaruh daya tarik, fasilitas dan <em>word of mouth (wom)</em> pada minat kunjung kembali wisatawan ke air terjun toroan Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang pernah berkunjung ke objek wisata Air Terjun Toroan dengan sampel penelitian yaitu sebanyak 97 responden. Data diolah menggunakan software IMB SPSS Statistics versi 25. Hasil penelitian sebagai berikut : (i) Daya tarik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat kunjung kembali. (ii) Fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat kunjung kembali. (iii) <em>Word of mouth (WOM)</em> berpengaruh secara signifikan terhadap minat kunjung kembali.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1906PENGARUH ENTREPRENEURIAL ORIENTATION DAN MARKET ORIENTATION TERHADAP BUSINESS PERFORMANCE PADA UMKM DI MADURA 2024-12-21T02:00:08+07:00Intan Baiduriintanbai293@gmail.comSuyonosuyono@trunojoyo.ac.id<p>UMKM di Indonesia belum dapat berkembang maksimal dikarenakan beberapa hal, yang paling relevan di berbagai situasi adalah ketatnya persaingan. Persaingan memaksa setiap usaha menjadi kompetitif untuk menunjang keberhasilan beradaptasi usaha tersebut dengan lingkungan luar. Untuk menghadapi masalah tersebut, beberapa penelitian menyatakan bahwa UMKM membutuhkan <em>Market Orientation</em> dan <em>Entrepreneurial Orientation</em> untuk menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah <em>Entrepreneurial Orientation </em>(EO) dan <em>Market Orientation</em> (MO) mempengaruhi <em>Business Performace </em>(BP). Objek penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kec. Kamal, Kab. Bangkalan. Teknik sampling menggunakan <em>accidental sampling.</em> Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan uji regresi linear berganda menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah variabel <em>Entrepreneurial Orientation </em>berpengaruh terhadap <em>Business Performance </em>dengan t hitung 2,704 serta tingkat signifikansi menunjukkan angka 0,008<0,05. Variabel <em>Market Orientation</em> tidak berpengaruh terhadap <em>Business Performance </em>dengan t hitung 1,238 dan signifikansi 0,203>0,05. Variabel <em>Entrepreneurial Orientation</em> dan <em>Market Orientation</em> berpengaruh secara simultan terhadap <em>Business Performance</em> pada UMKM di Madura dengan signifikansi 0,013 < 0,05 dan nilai f hitung > f tabel yaitu 4,517 > 3,093.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1907IMPLEMENTASI ISLAMIC WORK ETHICS (IWE) DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN BANK MUAMALAT INDONESIA KCP PASURUAN2024-12-21T02:00:09+07:00AlifaAlifaefendi23@gmail.comCici Widya Prasetyandari Ciciwidyaprsetyandari@gmail.com<p><em>Human resources have a major and important role in achieving a company, government organization, private company or Islamic banking. This study aims to analyze the implementation of Islamic Work Ethics (IWE) in improving employee performance at Bank Muamalat Indonesia KCP Pasuruan. This study aims to determine how the development and improvement of employee work quality or performance is seen from the aspect of human resources in Islamic banking, especially at Bank Muamalat Indonesia. This study aims to analyze Islamic Work Ethics in Improving Employee Performance at PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Pasuruan, Tbk. The main topic of the study is the application of Islamic Work Ethics in improving employee work quality based on indicators of employee performance improvement with Bank Muamalat. The methodology used in writing this study is qualitative, especially for Bank Muamalat KCP Pasuruan employees by considering indicators of employee performance improvement. The results of the study indicate that Islamic work ethics play a role as a basis for improving employee performance in accordance with the SOP and Company Regulations of Bank Muamalat Indonesia.</em></p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1909EFEKTIVITAS SISTEM MANAJEMEN BAZNAS DALAM MENINGKATKAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN ZAKAT DI KOTA PROBOLINGGO2024-12-21T02:00:10+07:00Moh Abd Rahmanabdurrahmanbinauf39@gmail.comYuli Agustinayuliagustina375@gmail.com<p>This research describes the effectiveness of the management system of the National Zakat Amil Agency (BAZNAS) in Probolinggo City in increasing the transparency of zakat management. Zakat, as a form of worship that has a strategic role in the economy, requires good management to optimize its utilization. The aim of this research is to show the effectiveness of SIMBA in managing zakat, supporting factors in managing zakat, infaq and alms BAZNAS in the city of Probolingo. By using a qualitative approach and data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation, this research found that the implementation of the BAZNAS Management Information System (SIMBA) contributed significantly to the transparency and accountability of zakat management. The results of the analysis show that although there are supporting factors such as adequate infrastructure, BAZNAS also faces challenges, especially regarding the stability of internet connections. This research recommends increasing socialization and use of information technology as a step to empower the community and increase the effectiveness of zakat management in the region.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1910IMPLEMENTASI PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SYL STORE DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM2024-12-21T02:00:10+07:00Abd Ghafurabdghafur1987@gmail.comYelni Lufi Lastariyelnilufilastari@gmail.com<p><em>The development of social media, one of which is the TikTok application, has made many online business entrepreneurs explore using this application. Apart from the TikTok application, it can be used as an entertainment medium and to foster a person's creative arena, but the TikTok application can also be used as a promotional medium. This research aims to determine the implementation of the use of the Tiktok application as an effective promotional media in increasing sales of SYL Store products and to determine the implementation of the use of the Tiktok application as a promotional medium in increasing sales of SYL Store products viewed from an Islamic economic perspective. In this research, the method used is a qualitative descriptive approach with field research type, the data used in this research is primary and secondary data, with data collection techniques of observation, interviews and documentation. The research results show that: First, SYL Store has successfully implemented the four elements of the promotional mix, namely advertising, sales promotion, public relations and personal sales. Second, the use of the Tiktok Application in carrying out promotional strategies at the SYL Store is carried out guided by Islamic values, namely by carrying out promotions sincerely, honestly in providing information, carrying out meaningful promotions and being trustworthy and being able to take responsibility for promotions that have been carried out on the Tiktok Application.</em></p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1911ANALISIS PERAN DKUPP DALAM MENDUKUNG UMKM DI KABUPATEN PROBOLINGGO UNTUK MEMENUHI STANDAR EKSPOR2024-12-21T02:00:11+07:00Ahmad Fajriafajri12@gmail.comSiti Ana Likasitianalika@gmail.com<p><em>The aim of this research is to analyze the role of the Department of Cooperatives, Micro Enterprises, Trade and Industry (DKUPP) in supporting Probolinggo Regency UMKM products to meet export standards. This research uses descriptive qualitative research methods using data collection in the form of interviews, observation and documentation. The results of this research concluded that: (1) The Department of Cooperatives, Micro Enterprises, Trade and Industry (DKUPP) has a strategic role in helping UMKM in Probolinggo Regency to fulfill exports such as in terms of licensing (business legality), curating superior products, and coaching and training. (2) obstacles faced by UMKM actors in Probolinggo Regency in accessing their products to international markets (exports) such as in terms of production capacity, export documents, and costs for exporting.</em></p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1915STRATEGI PENGUATAN EKOSISTEM KOPERASI MELALUI EFISIENSI PENGELOLAAN KOPERASI TIDAK AKTIF DI KOTA SURABAYA2025-01-13T14:08:21+07:00Tasya Sahla Putri Vanesia tasyavanesia08@gmail.comKustini Kustini kustini.ma@upnjatim.ac.id<p>Pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan bergantung pada ekosistem koperasi yang sehat. Namun, dua kendala utama yang menghambat pembangunan ekosistem di Surabaya adalah koperasi yang tidak aktif dan ketidakpatuhan dalam melaporkan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat strategi pengelolaan koperasi tidak aktif yang efektif untuk meningkatkan lingkungan koperasi di Kota Surabaya. Melalui keterlibatan langsung dalam proses monitoring koperasi yang tidak melaporkan RAT dan mendukung pembubaran koperasi tidak aktif sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Dinas Koperasi Surabaya, tujuan ini dicapai. Hasil monitoring menunjukkan bahwa sebagian besar koperasi tidak melaporkan RAT karena kurangnya kemampuan manajemen dan partisipasi anggota yang rendah. Setelah melalui tahap verifikasi administrasi, penilaian aset, dan konsultasi dengan pengurus, sebanyak 303 koperasi tidak aktif berhasil dibubarkan. Hasilnya menunjukkan bahwa ada beberapa strategi untuk meningkatkan ekosistem koperasi melalui efisiensi pengelolaan koperasi tidak aktif. Strategi-strategi ini termasuk (1) digitalisasi pelaporan RAT untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, (2) merevitalisasi pembinaan koperasi yang berpotensial, dan (3) meningkatkan sinergi antara koperasi dan dinas koperasi dalam hal pengawasan dan pendampingan. Studi ini menunjukkan bahwa pengelolaan koperasi yang tidak aktif dapat sangat membantu dalam membangun lingkungan koperasi yang lebih berkelanjutan yang dapat membantu perekonomian lokal.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1916ANALISIS KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PEMBELIAN ONLINE2024-12-21T02:00:13+07:00Ahdiyat Agus Susilaahdiyatdyt@gmail.com<p>penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai kepercayaan, persepsi harga dan resepsi risiko dalam keputusan pembelian online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, sample dalam penelitian ini yang berpengalaman dalam pembelian online. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah factor utama menimbulkan kepercayaan terhadap toko online berupa rating penilaian harga di online shop lebih terjaangkau dibandingkan dengan store offline. Mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan agar meminimalisir persepsi resiko.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/arribhu/article/view/1917IMPLEMENTASI PENGAWASAN PADA KOPERASI SYARI’AH (STUDI PADA KSPPS BMT INZAH PROBOLINGGO)2024-12-21T02:00:13+07:00Saifuddin SyuhriSaifuddin.bmtm@gmail.com<p>Koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah (KSPPS) adalah koperasi jasa keuangan syariah yang memiliki tata kelola organisasi sesuai dengan regulasi. Karena koperasi yang baik memiliki system organisasi, system manajemen, system operasional dan system pengelolaan sumber daya yang baik pula. Bagaimana dengan pengelolaan organisasi KSPPS Inzah dapat mencapai tujuan koperasi sesuai dengan amanat anggotanya. Metode penelitian ini adalah kualitatif kasuistik dengan melakukan observasi dan wawancara kepada pengurus dan pengawas serta pengelola KSPPS BMT Inzah.</p> <p>Hasilnya bahwa fungsi pengawasan dapat memberikan nilai terhadap pengendalian manajemen dan dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengawasan terhadap operasional KSPPS BMT Inzah dilakukan Pengawas dan anggota pengawas, dengan strategi yang diimplementasikan secara terus menerus dan berkala yaitu meneliti catatan dan pembukuan yang ada pada Koperasi, mendapatkan keterangan yang diperlukan, memberikan koreksi, saran teguran dan peringatan kepada Pengurus, mendapatkan laporan secara berkala, keterangan yang diperlukan, dan meminta kepada akuntan publik dan tenaga ahli untuk melakukan audit keuangan dan audit non keuangan.</p>2024-12-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024