Tasawuf sebagai basis anti diskriminasi sosial (studi pemikiran KH. Achmad Asrori Al-Ishaqi)

  • Rosidi Rosidi Institut Al Fithrah Surabaya
Keywords: anti diskriminasi, tasawuf, achmad asrori al-ishaqi

Abstract

Dalam kehidupannya sebagai makhluk sosial, manusia sering kali menemui penyimpangan-penyimpangan, salah satunya adalah tindakan diskriminasi. Diskriminasi adalah perlakuan yang membeda-bedakan individu atau kelompok yang cenderung bersifat negatif, seperti menghina, merendahkan atau menyakiti secara fisik dan psikis karena perbedaan keyakinan, suku, ras atau golongan. Adalah KH. Achmad Asrori al-Ishaqi, seorang mursyid tarekat al-Qadiriyah wa al-Naqshabandiyyah yang pemikiran sufistiknya sarat dengan nilai-nilai anti diskriminasi. Kajian ini berupaya mengungkap ajaran tasawuf al-Ishaqi yang dapat diimplementasikan sebagai konsep anti diskriminasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pola deskriptif kualitatif yang bertujuan menghasilkan data deskriptif-holistik dari fenomena yang diamati, dengan menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens sebagai alat analisisnya. Temuan penelitian ini adalah tasawuf dengan segala konsep yang terkandung di dalamnya dapat diterapkan sebagai anti diskriminasi. Hubungan dualitas yang terjalin antara al-Ishaqi sebagai agen yang mendominasi pengikutnya sebagai sebuah struktur, mampu bertransformasi menjadi tindakan anti diskriminasi dengan mengkomunikasikan ajarannya kepada struktur melalui contoh tindakan, ajaran, dan bimbingan untuk selalu berperilaku baik, berakhlak mulia, sejuk, bijaksana, rendah hati, toleran, sabar dan tekun. Konsep dasar dari perilaku tersebut adalah akhlak al-karimah yang dikonsepkan oleh al-Ishaqy dengan perasaan menganggap diri sendiri hina, sedangkan orang lain adalah individu yang mulia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Z. S., & Hizami, D. (2023). Urgensi Ulama Sufi dalam Kitab Muntakhobat Kh Ahmad Asrori dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional. Prosiding AnSoPS (Annual Symposium on Pesantren Studies), 2, 1–11.

Al-Qushairi, ‘Abd al-Karim b. Hawazin. (2010). Al-Risalah Al-Qushayriyah. Dar Kutub al-Islamiyyah.

Anwar, K. (2021). Konsep Dakwah Masyarakat Multikultural dengan Meneladani Ajaran Al-Qusyairi dalam Tasaquf Akhlaqi. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2(1).

Bukhari (al), M. bin I. bin I. bin al-Mughirah. (2001). Shahih Bukhari: Vol. VII. Dar Tawq Al-Najah.

BAF, A. F. E. K. (2022). Mutiara Hikmah KH. Achmad Asrori Al-Ishaqi RA. CV. Litera Jannata Perkas.

Chamdillah, Mochammad. (2015). Pemikiran dan Implementasi Tasawuf Akhlaqi KH. Ahmad Asrori dalam Kehidupan Modern. Pustaka STAINU.

Fulthoni, F., Arianingtyas, R., Aminah, S., & Sihombing, U. P. (2009). Buku Pedoman untuk Kebebasan Beragama Memahami Diskriminasi. 2010. The Indonesian Legal Resource Center (ILRC).

Ghazali (al), A. H. M. bin Muhammad. (2017). Ihya’ Ulumuddin: Vol. III. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Giddens, A. (2010). Teori Strukturasi; Dasar-Dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat, terj., Maufur dan Daryanto. Pustaka Pelajar.

Hidayat, D. R. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Kemunculan Prasangka Sosial (Social Prejudice) Pada Pelajar. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/jimd.v12i2.6284

Ishaqi (al), A. A. (2012). Untaian Mutiara dalam Ikatan Hati dan Jalinan Rohani: Vol. IV. Al Wafa.

Khaitan, T. (2015). A theory of discrimination law. Oxford University Press.

Kian, S. H. T., & Setyawati, S. D. (2021). Mengatasi Diskriminasi RAS Melalui Organisasi Kebudayaan. VISIONER, 3(1), Article 1 Juni.

Kuncoro, J. (2024). Prasangka dan Diskriminasi. Proyeksi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30659/jp.2.2.1-16

Kusumawati, A. (2021). Peran Majelis Dzikir Al-Khidmah Dalam Membentuk Akhlak dan Ukhuwah Islamiyah Masyarakat Desa Trisono Babadan Ponorogo [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/15935/

Listanti, A. (2016). ANALISA LISTANTI, (2016) Analisis Tindakan Diskriminasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO [Tesis]. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

Mahardika, M. A. (2015). Hubungan Agen dengan Struktur dalam Perubahan Sosial Kelurahan Gundih menjadi Kampung Gundih Berseri (Studi Kasus pada Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya) [Skripsi]. Universitas Brawijaya Malang.

Mubarrak, H., & Kumala, I. D. (2020). DISKRIMINASI TERHADAP AGAMA MINORITAS: STUDI KASUS DI BANDA ACEH. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v3i2.17553

Mustaghfiroh, S., Nazar, T. H., & Safe’i, B. (2021). Etika Keutamaan Dalam Akhlak Tasawuf Abdul Qadir Al-Jilani: Relevansinya dengan Pengembangan Karakter Manusia. Jurnal Islam Nusantara, 5(1), 234–245.

Musyafa’, M. (2019). ’,. Relevansi Nilai-Nilai Al-Tariqah pada Kehidupan Kekinian (Studi Penafsiran Ayat-Ayat al-Qur’an dalam al-Muntakhabat Karya KH. Achmad Asrori al-Ishaqi. Disertasi— [Disertasi]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Noor, T. R. (2020). Menepis Prasangka Dan Diskriminasi Dalam Perilaku Beragama Untuk Masa Depan Multikulturalisme Di Indonesia. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 5(2), 210–222. https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.1058

Noya, A. (2021). Melawan Stigma. CV. Adanu Abitama.

Oxford Learner’s Dictionaries | Find definitions, translations, and grammar explanations at Oxford Learner’s Dictionaries. (t.t.). Diambil 5 Juli 2024, dari https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/

Rosidi, R. (2020). Transformasi Ritual Tarekat Urban Al-Qadiriyah Wa Al-Naqshabandiyah Al-Oesmaniyah [Disertasi]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Saihu, M., Suparto, S., & Balqis, L. F. (2021). Nalar Tasawuf dalam Pendidikan Islam: Kajian Atas Makna Ihsan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).

Sepang, I. V. (2019). E-Modul Kesetaraan dan Harmoni Sosial, Direktorat Pembinaan SMA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sihotang, K. J. (2014). Struktur dan Kultur Dominasi: Relasi Agensi dan Strukturasi dalam Pembentukan Kultur Prajurit TNI Angkatan Darat pada Era Reformasi. Jurnal Sosiologi Reflektif, 8(2), Article 2.

Sunstein, C. R. (1994). The Anticaste Principle. Michigan Law Review, 92(8).

Taylor, S. J., Bogdan, R., & DeVault, M. L. (2016). Introduction to Qualitative Research Methods A Guidebook And Resource Fourth Edition. Jhon Wiley & Sons Inc.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia, Diakses Pada Selasa, 01 November 2022. (t.t.). kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Yaqin, H., & Muhid, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Moral dalam Naskah Al-Malhudhat Karya KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi. Kuttab; Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Unisla Lamongan, 6(1). https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/777/520

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. KENCANA.

Published
20-07-2024
How to Cite
Rosidi, R. (2024). Tasawuf sebagai basis anti diskriminasi sosial (studi pemikiran KH. Achmad Asrori Al-Ishaqi). HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 10(2), 253-266. https://doi.org/10.55210/humanistika.v10i2.1646
Section
Articles
Abstract views: 3 , PDF downloads: 6