Kontekstualisasi kelembagaan pendidikan islam masa Harun Ar-Rasyid dalam Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)

  • A. Qomarudin STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
  • Siti Mutholingah STAI Mahad Aly Al-Hikam Malang
Keywords: Islamic Education Institutions, Harun Ar-Rasyid Caliph, independence of independent campus learning

Abstract

Masa pemerintahan Harun ar-Rasyid dikenal sebagai masa kejayaan Islam, yang dapat dijadikan acuan terutama dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kemajuan pendidikan Islam pada masa Harun ar-Rasyid serta kontekstualisasinya dalam konsep MBKM di PTKI. Penelitian ini menggunakan kajian literatur (studi pustaka) tentang perkembangan pendidikan Islam pada masa kepemimpinan Harun Ar-Rasyid dan konsep MBKM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Harun ar-Rasyid merupakan seorang pemimpin yang tangguh dan sangat perhatian terhadap ilmu pengetahuan, dan memiliki banyak pengalaman, serta keberagamaan yang tinggi. Institusi pendidikan Islam pada masa Harun ar-Rasyid mengalami kemajuan yang sangat pesat dari fase-fase sebelumnya, dengan memanfaatkan beberapa tempat untuk mengembangkan pendidikan antara lain: kuttab, istana, perpustakaan, rumah ulama, majelis ilmu, badiah, rumah sakit, dan masjid. Konteks keberagaman tempat-tempat belajar inilah yang menjadi hal penting dalam rumusan konsep MBKM agar pendidikan benar-benar dapat dirasakan oleh siapa saja, dapat diperoleh dimana saja, dan dapat dilakukan kapan saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Isy, Y. (2007). Dinasti Abbasiyah, judul asli Tarikh ‘Ashr Al-Khalifah Al-Abbasiyah penerjemah Arif Munandar (I). Al-Kautsar.

Amiruddin Dardiri, M., Waluyo, W., & Aquil, A. (2023). Kondisi Sosial-Politik Dinasti Bani Abbasiyah Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(1). https://doi.org/10.36769/asy.v24i1.318

Amstrong, K. (2003). Islam: Sejarah Singkat, judul asli Islam: A Short History penerjemah Fungky Kusnaendy Timur (IV). Jendela.

Ananda, R. R., Suradi, A., & Ratnasari, D. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Islamika, 4(3). https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1868

Apriningrum, C. O. D., Fauziah, E., & Sihmawati, M. N. (2023). Implementasi Sistem Pendidikan Islam Masa Dinasti Abbasiyah di Era Modern. Al-Mikraj, 4(1), 230–238. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3367

Asrohan, H. (1999). Sejarah Pendidikan Islam (I). Logos.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. (1997). Ensiklopedi Islam Jilid 1 (IV). Ictiar Baru Van Hoeve.

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam. (1997). Ensiklopedi Islam Jilid 2 (IV). Ictiar Baru Van Hoeve.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Fahmi, A. H. (1979). Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam judul asli Mabadi’ at-Tarbiyyah al-Islamiyah penerjemah Ibrahim Husein. Bulan Bintang.

Halimah, S., & Sabhrina, A. I. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kepemimpinan Khalifah Harun Ar-Rasyid. Journal TA’LIMUNA, 10(2). https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i2.791

Ifendi, M. (2020). Dinasti Abbasiyah: Studi Analisis Lembaga Pendidikan Islam. Fenomena, 12(2), 139–160. https://doi.org/10.21093/fj.v12i2.2269

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. (2020). Panduan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dalam Kurikulum Program Studi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Nomor 7290 Tahun 2020).

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. (2022). Petunjuk Teknis Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Nomor 1591 Tahun 2022).

Khalil, S. A. (2006). Harun Ar-Rasyid: Amir Para Khalifah & Raja Teragung di Dunia, judul asli Harun Ar-Rasyid: Amir al-Khulafa wa Ajallu Muluk ad-Dunya penerjemah Abou Elhamd Ali Ahsami (I). Pustaka Al-Kautsar.

Mustofa, A. (2018). Masa Keemasan Pendidikan Islam (Studi Tentang Peran Khalifah Harun Al-Rasyid Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Myers, E. A. (2003). Zaman Keemasan Islam: Para Ilmuan Muslim dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Barat, judul asli Arabic Thought and The Western World: in The Golden Age of Islam penerjemah M. Maufur el-Khoiry (I). Fajar Pustaka Baru.

Nata, A. (1997). Filsafat Pendidikan Islam (I). Logos Wacana Ilmu.

Nizar, S. (Ed.). (2009). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia (III). Kecana.

Putri, A. K., Ichsan, Y., Wahab, J. A., Akhmad, M. C. A., & Dahlan, U. A. (2023). Dinasti Abbasiyah: Kemajuan Pendidikan Islam dan Konstekstualisasinya Pada Masa Kini. TSAQOFAH & TARIKH Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 8(1), 1–12.

Risda, S. (2022). Kejayaan Pendidikan Islam pada Masa Khalifah Harun Ar-Rasyid. Jurnal Keislaman, 5(1).

Saefuddin, D. (2002). Zaman Keemasan Islam. PT. Grasindo.

Samsudin, M., & Zuhri, M. (2018). Perkembangan Pendidikan Islam pada Masa Harun Al-Rasyid dan Al-Ma’mun. Jurnal Al-Ashriyyah, 4(1). https://jurnal.nuruliman.or.id/index.php/alashriyyah/article/view/35

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Suwito, & Fauzan (Eds.). (2005). Sejarah Sosial Pendidikan Islam (I). Kencana.

Syalabi, A. (2003). Sejarah dan Kebudayaan Islam 3. PT. Pustaka Al-Husna Baru.

Yatim, B. (2011). Sejarah Peradaban Islam (XXIII). PT Raja Grafindo Persada.

Yunus, M. (1990). Sejarah Pendidikan Islam (VI). Hidakarya Agung.

Zuhairini. (1992). Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Published
11-07-2024
How to Cite
Qomarudin, A., & Mutholingah, S. (2024). Kontekstualisasi kelembagaan pendidikan islam masa Harun Ar-Rasyid dalam Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 10(2), 203-213. https://doi.org/10.55210/humanistika.v10i2.1686
Section
Articles
Abstract views: 121 , PDF downloads: 39