Analisis interpretasi kesalehan sosial (studi terhadap Pemuda Hijrah Istiqomah Bandung dan Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama Bandung)
Abstract
Kesalehan sosial merupakan salah satu jenis kesalehan yang penting untuk membangun kerukunan antar umat dan menghadapi berbagai tantangan dalam perubahan sosial. Diberbagai Kota kini banyak bermunculan gerakan pemuda yang tidak hanya menempa ilmu Agama untuk meningkatkan kesalehan individu, tetapi juga menunjukan kesalehan sosial. Kini tidak sedikit kalangan pemuda muncul dengan gerakan hijrahnya, gerakan hijrah bukan hanya sekedar gerakan dakwah keagamaan, hijrah telah berkembang menjadi sebuah tren sosial. Pemudah Hijrah Bandung dan IPNU Kota Bandung dua wadah pemuda di Kota Bandung salah satu dari gerakan tersebut. Interpretasi kesalehan sosial dapat dipengaruhi oleh budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interpretasi kesalehan sosial bagi pribadi dan komunitas dalam ekspresi keberagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi beberapa tahapan diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa interpretasi kesalehan sosial menurut Pemuda Hijrah dan IPNU Kota Bandung menekankan pada titik yang sama yakni eksistensi kesalehan di masyarakat yang berdampak postif bagi lingkungan sekitar. Hal yang membedakan dari pandangan keduanya adalah pada titik awal terbentuknya kesalehan sosial yakni kesalehan individu, Pemuda Hijrah memandang perlunya pemurnian tauhid dan meningkatkan keimanan, sementara IPNU Kota Bandung memandang perlunya kesadaran terhadap pemenuhan hak-hak kepada Allah, sesama manusia dan diri sendiri.
Downloads
References
Abdurrahman, M. S. (2020). Generasi Muda, Agama Islam, dan Media Baru: Perilaku Keagamaan Gerakan Shift Pemuda Hijrah Bandung. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 20(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/anida.v20i1
Addini, A. (2019). Fenomena Gerakan Hijrah di Kalangan Pemuda Muslim Sebagai Mode Sosial. Journal of Islamic Civilization, 1(2).
Ardiansyah, D., & Basuki, B. (2023). Implementasi Nilai-nilai Kesalehan Sosial di Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 64–81. https://doi.org/10.60132/jip.v1i2.16
Aulia, D. R. N. (2023). Kesalehan Sosial adalah Kunci dalam Kehidupan Keberagaman. Retrieved March 28, 2024, from The Indonesian Institute website: https://www.theindonesianinstitute.com/kesalehan-sosial-adalah-kunci-dalam-kehidupan-keberagaman/
Aziz, A. (2020). Kesalehan Sosial dalam Bermasyarakat Islam Modern. Mathla’ul Fatah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 11(1).
Fadhila, N., Hermansah, T., & Rizky, K. (2021). Ekspresi Keberagamaan Komunitas Terang Jakarta dalam Perspektif Popular Culture. INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2). https://doi.org/10.15408/interaksi.v1i2.23900
IPNU Kota Bandung. (2020). Sejarah IPNU.
Makmur, J. (2021). PERAN KOIN ZAKAT NAHDLATUL ULAMA DALAM MENINGKATKAN KESALEHAN MASYARAKAT INDONESIA. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 8(2), 161–172. https://doi.org/10.21580/wa.v8i2.9502
Mawasti, W., & Adli, E. N. (2018). PERUMUSAN VISI OGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) TAHUN 1954. INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 8(1), 53–78. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v8i1.117
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Perss.
Muhammad Ainur Rifqi. (2019). Dimensi Kesalehan Sosial Dalam Tafsir al-Iklil fi Ma’ani al-Tanzil Karya Misbah Zain al Musthafa. El-Faqih : Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 5(2), 1–32. https://doi.org/10.29062/faqih.v5i2.61
Munawir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.
Riadi, H. (2014). KESALEHAN SOSIAL SEBAGAI PARAMETER KESALEHAN KEBERISLAMAN (Ikhtiar baru dalam menggagas mempraktekkan tauhid sosial). An-Nida’, 39(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v39i1.864
Rizik, M., Hasibuan, L., & Anwar Us, K. (2021). Pendidikan Masyarakat Modern dan Tradisional dalam Menghadapi Perubahan Sosial dan Modernisasi. Jurnal Literasiologi, 5(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i2.219
Sari, E. S., & Dozan, W. (2021). KONSEP PLURALISME PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID (GUS DUR). Journal TA’LIMUNA, 10(2), 21–39. https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i2.770
Copyright (c) 2024 Andi Nurlaela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.