Pemikiran Politik Imam Al-Mawardi tentang Penganggkatan Imam (Khalifah)
Abstract
al-Mawardi layak dikatakan sebagai politikus yang ulung, dikarenakan hidup di zaman dua khalifah (al-Qadir Billah (381-422 H) dan al-Qa’imu Billah (422-467 H), tepatnya tahun 370-450 H. }}Selain itu kariernya sebagai politikus cukup bagus,khususnya pada masa al-Qadir yaitu menjadi hakim agung (qâdi al-qudât), penasehat raja atau khali>fah di bidang agama (hukum Islam) dan pemerintahan. Karena kepandaian diplomasinya pula ia ditunjuk sebagai mediator perundingan antara pemerintah Bani Abbas dengan Buwaihi yang sudah menguasai politik pada waktu itu. Al-Mawardi berhasil melakukan misinya dengan memuaskan kedua belah pihak. Kecerdasannya dalam dunia politik, beliau torehkan dalam bentuk buku, yang meliputi:al-Ah}ka>m al-Sult}a>niyah, Siya>sat al-Wiza>rati wa Siya>sat al-Maliki, Tas}il al-Nad}ari wa Ta’jil al-D}afari fi Akhla>qi al-Maliki, Siya>sat al-Maliki, Nas}ihat al-Muluk. Kitab-kitabnya menjadi rujukan bagi ulama pada masanya hingga sekarang. Hal yang terpenting dalam pemilihan pemimpin adalah adanya pemimpin dan yang dipimpin sesuai dengan criteria yang ideal. Setelah keduanya sudah ada, maka proses pemilihan pemimpin diserahkan ke ahl –h}all wa al-‘aqd untuk dibaiat dengan mempertimbangkan pilihan imam sebelumnya. Dalam proses pemilihan itu pula, calon imam diberi kesempatan untuk menjelaskan kontrak sosial selama dia menjabat sebagai imam. Itu sebagai pertimbangan terpilih/tidaknya dia sebagai imam. Apabila dalam perjalanan si imam tidak amanah dalam menjalankan amanahnya, maka rakyat boleh melakukan pembangkangan atau lebih ekstrim pemakzulan.
Downloads
References
Azhar, Muhammad, “Filsafat Politik (Perbandingan Antara Islam dan Barat)”, Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada, Ed.1, cet-2, 1997.
Dahlan, Abdul Aziz, “Ensiklopedi Hukum Islam”, jilid 4, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1996.
Efendy, Mochtar, “Ensiklopedi Agama dan Filsafat”, Perc. Universitas Sriwijaya, cet.1, 2011.
Hariyati, N. R., & Syakur, A. (2018). Penerapan Strategi Membaca Kritis di Akademi Farmasi Surabaya untuk Menunjang Kecakapan Literasi Menuju Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).
Islam, M. H. (2019). ISLAM AND CIVILIZATION (ANALYSIS STUDY ON THE HISTORY OF CIVILIZATION IN ISLAM). Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 22-39.
Islam, M. H. (2019, November). Model Pendekatan Halaqotul MuAllimin Al-Islamiyah dalam Membentuk Kepribadian Yang Rahmatan Lil Alamin Sebagai Identitas Kebangsaan di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 3, No. 1, pp. 491-503).
Islam, M. H. (2020). TOLERANCE LIMITATION IN FACING RELIGIOUS DIVERSITY BASED ON THE TEACHING OF ISLAM. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-13.
Islam, M. H., & Aziz, A. (2020). Transformation of Pesantren in Maintaining Good Character. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 6(1), 35-48.
Iqbal, Muhammad dan Nasution, Amin Husein, “Pemikiran Politik Islam ( dari masa klasik hingga Indonesia kontemporer”, Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2010.
Katmini, K., & Syakur, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Kemampuan Activities Of Daily Living (ADL) pada Anak Retardasi Mental Usia 6-12 Tahun di SLB Yayasan Putra Asih Kediri Tahun 2018. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(1), 163-171.
Khattami (al) ,Abdul Hayyie dan Nurdin, Kamaluddin, “Hukum Tata Negara dan Kepemimpinan Dalam Takaran Islam”, Jakarta : Gema Insani Press, 2000.
Kurniawan, A., & Syakur, A. (2017). The Correlation of Emotional Intelligence and Spiritual of Intelligence to Effectiveness Principals of Leadership. International Journal of Psychological and Brain Sciences, 2(1), 1-9.
Musa, M. Yusuf, “Politik dan Negara Dalam Islam”, Yogyakarta : Pustaka LSI, 1991.
Ningsih, A., Sabat, Y., & Syakur, A. (2014). Comic Strips as Media to Develop Student’s Writing Ability in Composing Recount Text for The Tenth Graders of SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Komik Strips Sebagai Media Untuk Mengembangakan Kemampuan Menulis Siswa Dalam Mengarang Teks Recount. English Education, 2(2).
Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39-50.
Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(2), 184-197.
Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2).
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278-285.
Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018, September). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012123).
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29-36.
Lestari, W. (2018). Enhancing an Ability Mathematical Reasoning through Metacognitive Strategies. JPhCS, 1097(1), 012117.
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 415-420).
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017, September). Eksplorasi Etnomatematika Petani dalam Lingkup Masyarakat Jawa. In SENATIK 2017.
Rahmania, I., Budiono, B., Soenaryo, S. F., Syakur, A., & Tinus, A. (2020). Implementation of Internal Quality Guarantee System to Increase the Quality of Education in Junior High School 21 Malang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 421-432.
Sadzali, Munawir, “Islam dan Tata Negara : Ajaran, Sejarah dan Pemikiran”, Jakarta: UI-Press, 1990.
Shiddieqy (al), Hashbi, “Asas-Asas Hukum Tata Negara Menurut Syari’at Islam”, Yogyakarta:Matahari Masa, 1969.
Sulam, K., Syakur, A., & Musyarofah, L. (2019). THE IMPLEMENTATION OF 21 ST CENTURY SKILLS AS THE NEW LEARNING PARADIGM TO THE RESULT OF STUDENT’S CAREER AND LIFE SKILLS. Magister Scientiae, 2(46), 228-237.
Syakur, A. (2014). Analisis Dialek Lokal Sebagai Penanda Identitas Lokal Individu (Studiinterlanguage Mahasiswa Di Ilmu Administrasi Negara Stisospol “Waskita Dharma” Malang). JAMAK, 1(1), 14-18.
Syakur, A., & Rakhmawati, Y. (2014). An Error Analysis Of Using Simple Present Tense in Descriptive Writing Text Among The Eight Grade Students of SMP IT Baitul Ulum Tempel Gempol. English Education, 3(1).
Syakur, A. (2015). Developing ESP Instructional Materials for Undergraduate Students of International Economic Departments in State Brawijaya University of Malang. Jurnal Edukasi, 1.
Syakur, A. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37-47.
Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau dari Model Pembelajaran di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi, 8(2), 100-108
Syakur, A. (2018). Using Cooperative Learning Strategies to Improve the Student’s Reading Comprehension. JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN., 4(1), 97-110.
Syakur, A. (2019). Application of E-Learning As a Method In Educational Model to Increase The TOEFL Score In Higher Education. Journal of Development Research, 3(2), 111-116.
Syakur, A., Musyarofah, L., Sulistiyaningsih, S., & Wike, W. (2020). The Effect of Project Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 625-630.
Syakur, A., & Azis, R. (2020). Developing Reading Learning Model to Increase Reading Skill for Animal Husbandry Students in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 484-493.
Syakur, A., Zainuddin, H. M., & Hasan, M. A. (2020). Needs Analysis English For Specific Purposes (ESP) For Vocational Pharmacy Students. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 724-733.
Syakur, A. (2020). The Effectiveness of English Learning Media through Google Classroom in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 475-483.
Syakur, A., Sugirin, S., Margana, M., Junining, E., & Sabat, Y. (2020). Improving English Language Speaking Skills Using “Absyak” On-Line Learning Model for Second Semester in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 684-694.
Syakur, A., & Panuju, R. (2020). Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Promosi di Akademi Farmasi Surabaya. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(1), 128-136.
Syakur, A., Fanani, Z., & Ahmadi, R. (2020). The Effectiveness of Reading English Learning Process Based on Blended Learning through" Absyak" Website Media in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 763-772.
Syakur, A., Susilo, T. A. B., Wike, W., & Ahmadi, R. (2020). Sustainability of Communication, Organizational Culture, Cooperation, Trust and Leadership Style for Lecturer Commitments in Higher Education. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1325-1335.
Syakur, A., Junining, E., & Mubarok, M. K. (2020). Developing English for Specific Purposes (ESP) Textbook for Pharmacy Students Using On-Line Learning in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 467-474.
Syakur, A., & Sabat, Y. (2020). The Effectiveness of Coopertative Learning (STAD and PBL type) on E-learning Sustainable Development in Higher Education. Journal of Development Research, 4(1), 53-61.
Syakur, A., Junining, E., & Sabat, Y. (2020). The Implementation of Project Based Learning (PBL) Model Towards the Result Student’s TOEFL in 7th semester of Brawijaya University. Journal of Development Research, 4(1), 41-46.
Syakur, A., Faradisy, R., & Surahman, F. (2020). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris di Akademi Kebidanan Graha Husada melalui Aplikasi Google Class Room pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 2(1), 88-95.
Syakur, A. (2020). Improving the Eighth Grade Students’ Listening Comprehension Achievement by using Dictation Techniques. Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi dan Perubahan Sosial, 7(3), 205-216.
Yasid, A., & Syakur, A. (2020). Refleksi Nilai-nilai Eksistensialisme pada Tokoh Nidah Kirani dalam Novel “Tuhan, Ijinkan Aku Menjadi Pelacur! Karya: Muhidin M. Dahlan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 264-272.
Copyright (c) 2020 Moch Yunus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.