Membumikan Multikulturalisme

  • Imam Bukhori Institut Ilmu keislaman Zainul Hasan Genggong
Keywords: multikulturalisme, pewarisan budaya, pendidikan multikultural

Abstract

Proses pembumian multikulturalisme merupakan sebuah fenomena yang menarik dan cukup menantang. Multikulturalisme yang mengasumsikan pada adanya keberterimaan terhadap berbagai kultur/budaya yang beragam merupakan sunnatullah yang kita tidak bisa mengelakkannya. Oleh karena itu diperlukan proses untuk senantiasa mengimplementasikan keberterimaan tersebut dengan senantiasa berusaha membumikan multikulturalisme. Proses tersebut bisa dilakukan dengan pewarisan kultur/budaya baik dengan proses sosialisasi, enkulturasi, maupun internalisasi yang dimulai dari organ terkecil masyarakat yaitu individu sampai dengan organ-organ besar masyarakat yaitu lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan organisasi kemasyarakatan dan lain sebagainya. Pendidikan dengan basis multikulturalisme mengasumsikan kesempatan yang sama bagi setiap peserta didik untuk mewujudkan potensi sepenuhnya, penyiapan peserta didik untuk berpartisipasi penuh dalam masyarakat antar budaya, penyiapan pengajar agar memudahkan belajar yang efektif tanpa memandang persamaan atau perbedaan budaya dengan dirinya, partisipasi aktif sekolah dalam menghilangkan penindasan dalam segala bentuknya, pendidikan harus berpusat pada peserta didik dengan mendengarkan aspirasi dan pengalaman peserta didik, pendidik, aktivis, dan yang lain harus mengambil peranan lebih aktif dalam mengkaji kembali semua praktek pendidikan, termasuk teori belajar, pendekatan mengajar, evaluasi, psikhologi dan bimbingan, materi pendidikan dan buku teks, dan lain-lain.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banks, James A. 1997. Educating Citizens in a Multicultural Society . New. York and London: Teacher College Press.

Choirul Mahfud. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dody, S. Truna. 2010. Pendidikan Islam Berwawasan Multikulturalisme. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Freire,Paulo. 2007. Politik Pendidikan : Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, terj: Agung Prihantoro. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gorski. 2001. http://www.aaanet.org/cae/aeq/br/gorski.htm. Diakses pada tanggal 21 Oktober 2016 pukul 14:21 WIB

Henson,Kenneth T. &Ben F Eller. 1999. Educationall Psychology for Effective. Teaching. Afrika: Wadsworth Publishing Company.

Hernandez, Hilda. 1989. Multicultural Education: A Teacher Guide To Linking Context, Process, and Content, New Jersy & Ohio : Prentice Hall.

Hariyati, N. R., & Syakur, A. (2018). Penerapan Strategi Membaca Kritis di Akademi Farmasi Surabaya untuk Menunjang Kecakapan Literasi Menuju Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Islam, M. H. (2016). Ibnu Taimiyah and His Concept of Economy. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 15-33.

Kurniawan, A., & Syakur, A. (2017). The Correlation of Emotional Intelligence and Spiritual of Intelligence to Effectiveness Principals of Leadership. International Journal of Psychological and Brain Sciences, 2(1), 1-9.

muhammad Hifdil Islam. (2016). Inclusivity and Deradicalization of Religion. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 2(2), 183-194.

Islam, M. H. (2017). DIVERSITY AND MULTICULTURAL. Humanistika, 3(1), 83-103.

Islam, M. H. (2017). Tolerance in Persepective Of Qur’an And Bibel (Comparative Analysis of Religious Tolerance in Diverses Community). Humanistika, 3(2), 45-58.

Islam, M. H. (2018). Islamic Law in Indonesia. Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam, 4(1), 31-50.

Islam, M. H. (2018, March). TEACHING OF ISLAM ON TOLERANCE IN RELIGIOUS DIVERSITY. In International Conference on" Islam Nusantara, National Integrity, and World Peace" 2018.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ningsih, A., Sabat, Y., & Syakur, A. (2014). Comic Strips as Media to Develop Student’s Writing Ability in Composing Recount Text for The Tenth Graders of SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Komik Strips Sebagai Media Untuk Mengembangakan Kemampuan Menulis Siswa Dalam Mengarang Teks Recount. English Education, 2(2).

Parekh, Bhikhu. 2008. Rethinking Multiculturalism: Keberagaman Budaya dan Teori Politik . Yogyakarta: Kanisius.

Parsons, R. D., Hinson, S. L., & Sardo- Brown, D. 2001. Educational Psychology A Practitioner - Researcher Model of Teaching . Belmont: Wadsworth Thomson Learning.

Pike, Kenneth L. 1967. Language in Relation to a Unified Theory of the Structure of Human Behavior.The Hague: Mouton.

Presma, 2004, Pendidikan Islam dan tantangan Globalisasi Buah Pikir Seputar, Filsafat Politik Ekonomi Sosial dan Budaya. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sulam, K., Syakur, A., & Musyarofah, L. (2019). THE IMPLEMENTATION OF 21 ST CENTURY SKILLS AS THE NEW LEARNING PARADIGM TO THE RESULT OF STUDENT’S CAREER AND LIFE SKILLS. Magister Scientiae, 2(46), 228-237.

Suparlan, Parsudi. 2002. “Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikutural” dalam Jurnal Antropologi Indonesia, Tahun XXVII, No. 72, Jakarta: Universitas Indonesia – Yayasan Obor Indonesia.

Suparlan, Parsudi. 2005. Sukubangsa dan Hubungan Antar-Sukubangsa .

Jakarta: Grasindo.

Syakur, A. (2014). Analisis Dialek Lokal Sebagai Penanda Identitas Lokal Individu (Studiinterlanguage Mahasiswa Di Ilmu Administrasi Negara Stisospol “Waskita Dharma” Malang). JAMAK, 1(1), 14-18.

Syakur, A., & Rakhmawati, Y. (2014). An Error Analysis Of Using Simple Present Tense in Descriptive Writing Text Among The Eight Grade Students of SMP IT Baitul Ulum Tempel Gempol. English Education, 3(1).

Syakur, A. (2015). Developing ESP Instructional Materials for Undergraduate Students of International Economic Departments in State Brawijaya University of Malang. Jurnal Edukasi, 1.

Syakur, A. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37-47.

Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau dari Model Pembelajaran di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi, 8(2), 100-108

Syakur, A. (2018). Using Cooperative Learning Strategies to Improve the Student’s Reading Comprehension. JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN., 4(1), 97-110.

Syakur, A. (2019). Application of E-Learning As a Method In Educational Model to Increase The TOEFL Score In Higher Education. Journal of Development Research, 3(2), 111-116.

Taylor, Charles, dkk. 1994. Multiculturalism: Examining the Politics of Recognition. New Jersey: Princeton.

Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Grasindo.

Tilaar, H.A.R. 2004. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Watson, C.W. 2000. Multiculturalism . London: Open University Press.

Published
01-01-2019
How to Cite
Imam Bukhori. (2019). Membumikan Multikulturalisme. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 5(1), 13-40. https://doi.org/10.36835/humanistika.v5i1.40
Section
Articles
Abstract views: 1485 , pdf downloads: 1959