Impelementasi Pembisaan Membaca Juz Amma Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik

  • Fahmi Ikrom Ikrom Syarifuddin
  • Syamsul Arifin IAI Syarifuddin Lumajang
Keywords: Pembiasaan, Membaca Juz Amma, Karakter Religius

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keringnya karakter religius pada kalangan remaja yang disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi saeperti sekarang ini yang berdampak kepada kalangan remaja mereka lebih senang bermain gadget, dampaknya para remaja kurang terampil dalam membaca Al-Qur’an, bahkan ada minoritas dari mereka yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dab benar sesuai kaidah tajwid. Sebagai upaya membentuk karakter religius peserta didik di pada zaman sekarang ini, MA AL-kholafiyah melaksanakan pembiasann membaca Juz Amma. Adapun fokus penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi pembiasaan membaca Juz Amma untuk membentuk karakter religius peserta didik di MA Al-Kholafiyah, faktor pendukung dan penghambatnya serta bagaimana implikasinya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode  kualitatif deskriptif. Hasil analisis data berupa pemaparan tentang situasi yang diteliti dan disajikan dalam bentuk uraian naratif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Rodli Makmun.2014.Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren (Studi Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Modern Di Kab. Ponorogo).Ponorogo: Stain Ponorogo Press. Diakses dari https://jurnal.iainponorogo.ac.id/ [15 september 2021]
Abdul Majid dan Andayani.2013. Pendidikan Karakter Prespektif Islam.Bandung: PT Rosda Karya
Aisyah M. Ali.2013. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya.Jakarta:Kencana, 2018.
Akhmad Muhaimin Azzet. 2013.Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Dan Kemajuan Bangsa.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Amirulloh Syarbini.2014.Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Dokumen Visi Misi Madrasah Al-Kholafiyah Tekung Lumajang
E. Mulyasa.2011.Manajemen Pendidikan Karakter .Jakarta: Bumi Aksara.
Moh Ahsanulkhaq.2019.Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembisaaan.Vol. 2 No. 1. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Diakses dari https://jurnal.umk.ac.id [15 September 2021)
Ngainun Na’im.2012.Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Krakter Bangsa.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Nursalam, et al.2020.Model Pendidikan Karakter.Serang: CV AA Rizky
Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Rosniati Hakim.2014.Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an .Vol. 4 No.2. Jurnal Pendidikan Karakter. Diakses Dari https://journal.uny.ac.id/ [15 September 2021]
Taufiqurrahman dan Siti Musawwamah.2017.Pembentukan Karakter Mahasiswa dalam Sistem Pendidikan Tinggi Islam.Pamekasan:IKAPI.
Undang-Undang Republik Indonesia. 2006. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Bandung:Citra Umbara
Published
26-01-2022
How to Cite
Ikrom, F. I., & Syamsul Arifin. (2022). Impelementasi Pembisaan Membaca Juz Amma Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 8(1), 37-61. https://doi.org/10.55210/humanistika.v8i1.757
Section
Articles
Abstract views: 232 , pdf downloads: 582