Konsep Etika Pelajar Terhadap Guru (Studi Komparasi Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dan K.H. Zainal Abidin Munawwir)
Abstract
Pada lembaga pendidikan, etika menjadi suatu masalah yang cukup serius. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya pelajar yang berperilaku kurang sopan serta berkata kasar terhadap gurunya. Sehingga didapatkan rumusan masalahnya yaitu: 1) Bagaimana etika pelajar terhadap guru menurut K.H. Hasyim Asy’ari dan K.H. Zainal Abidin Munawwir. 2) Bagaimana persamaan dan perbedaaan pemikiran kedua tokoh. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemikiran kedua tokoh tersebut perihal konsep etika pelajar terhadap guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang didapat dari sumber kepustakaan. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran keduanya sama-sama menghendaki agar pelajar ketika menuntut ilmu harus memperhatikan etikanya terhadap gurunya, agar ilmunya bermanfaat. Sedangkan perbedaannya yaitu pada banyaknya jumlah redaksi pembahasan kedua tokoh serta perbedaan latar belakang munculnya pemikiran kedua tokoh.
Downloads
References
Asy ̒ari, M. Hasyim. tt. Pendidikan Akhlak untuk Pengajar dan Pelajar, terjemah dari kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim. Terjemahan oleh Tim Dosen Ma’had Aly Hasyim Asy’ari. Tebuireng. Pustaka Tebuireng. 2018.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
2010
Anwar Yulianto, B. P. (2021). Analisis Interaksi Adab Seorang Murid Terhadap Guru Dalam Prespektif Imam Al - Ghazali. Jurnal Imtiyaz, 5(01), 30–40
Bagaskara, R. (2019). Reorientasi Pemikiran Pendidikan KH.M.Hasyim Asy‘ari : Etika dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam, 6(2), 153–168.
Baraja, A., Ridlo, A. A., Ali, N., & Khamid, A. (2020). Konsep Etika Pelajar (Studi Komparasi Kh. Hasyim Asy’ari dan Umar bin Ahmad Baraja). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(1), 1–13.
Djunaidi A.Syukur dkk, Pondok Pesantren Al-Munawwir .Krapyak Yogyakarta: EL Muna “ Q” Pondok pesantren Al-Munawwir,1998.
Hidayah, U. (2018). Rekontruksi Evaluasi Pendidikan Moral Menuju Harmoni Sosial. Jurnal Pedagogik, 05(01), 69–81.
Ikhsanuddin, M., & Amrulloh, A. (2019). Etika Guru dan Murid Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dan Undang- Undang Guru dan Dosen. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 193–194.
Khosiah, N. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di MI Miftahul Ulum TambakRejo
Tongas Probolinggo. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 17(1),
118–128.
Martono. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam KH . Hasyim Asy ’ ari ( Perspektif Epistimologi Sosial Keagamaan Dan Konsep Pendidikan Islam Bagi Guru Dan Peserta Didik ). Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 40–45.
Muhammad, D. H., & Deasari, A. E. K. A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al- Ilmi, 4(1), 21–33.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru-Murid: Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2001.
Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazālī. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 249–267.
Sugiarto, A. B. (2019). Adab Peserta Didik Terhadap Pendidik Prespektif KH. Zainal Abidin Munawwir dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam (Tela`ah Kitab Wazhaif al-Muta’allim).
Susandi, A. (2020). Pendidikan Life Skills Dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Di Sekolah Dasar. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 95–111. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3867
Zainal Abidin Munawwir, Wazhaif Al-Muta’allim. Yogyakarta : Pondok Pesantren Al Munawwir, 1964.
Zed. M (2018), Metode penelitian kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor.
Copyright (c) 2022 Fitrianingsih Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.