Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Pendidikan Islam

  • Yuanita Widiastuti Universitas Islam Malang
  • Linda Laila Zahas Fana Universitas Islam Malang
  • Muhibbin Universitas Islam Malang
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Profil Belajar, Komponen Pembelajaran, Perspektif Pendidikan Islam.

Abstract

Tujuan penelitian ini menjabarkan pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif pendidikan Islam. Metode dalam penelitian ini tinjauan pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan sumber yang berhubungan dengan topik pembelajaran berdiferensiasi dan pendidikan Islam melalui buku, jurnal, dan internet. Tinjauan pustaka ini menggunakan referensi yang terbit pada tahun 2014-2022 yang diakses dalam bentuk teks penuh dalam format pdf  dan scholarly. Hasil penelitian secara konseptual mengungkapkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan cara belajarnya masing-masing selaras dengan tujuan pendidikan Islam. Pembelajaran berdiferensiasi menumbuhkan ruh ilmiah pada diri siswa dengan pemahaman materi yang berlandaskan pada profil belajar. Komponen pembelajaran berdiferensiasi yang terdiri dari isi, proses, produk, dan lingkungan belajar merupakan pola umum yang di dalamnya memuat komponen khusus dalam pendidikan Islam. Aspek pendukung pembelajaran berdiferensiasi merupakan pemerian dari hakikat tujuan pendidikan Islam. Ulasannya merupakan cerminan kegiatan pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altara, H. J. (2021). Terapi Berpikir Positif Islami. Araska.
Asy’ari, M. K. (2017). Metode Pendidikan Islam. Qathruna, 1, No. 1, 193–205.
Bagir, H. (2020). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Mizan.
Chatib, M. (2019). Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. PT Mizan Pustaka.
Faiz, dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2)(2846–2853).
Hariyati, dkk. (2022). Pengembangan Instrumen Supervisi Akademik dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5.1.
Hendratmoko, dkk. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 118–133.
Junaidah, J. (2015). Strategi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 118–133.
Kusumah dan Alawiyah. (2021). Guru Penggerak Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Andi.
Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2).
Maryam, A. S. (2021). Strategi Perlaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/stategi-pelaksanaan-pembelajaran-berdiferensiasi/
Maunah, B. (2019). Ilmu Pendidikan. Kalimedia.
Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. PT Bumi Aksara.
Nurdin, N. (2019). Penerapan Metode Bilhikmah, Mau’izatulhasanah, Jadil dan Layyinah Pada Balai Diklat Keagamaan Aceh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 51–76.
Rachman, F. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. IRCiSoD.
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
Suardi, dkk. (2020). Landasan Pendidikan. Parama Ilmu.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151–166.
Uno dan Lamatenggo. (2016). Landasan Pendidikan. PT Bumi Aksara.


Altara, H. J. (2021). Terapi Berpikir Positif Islami. Araska.
Asy’ari, M. K. (2017). Metode Pendidikan Islam. Qathruna, 1, No. 1, 193–205.
Bagir, H. (2020). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Mizan.
Chatib, M. (2019). Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. PT Mizan Pustaka.
Faiz, dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2)(2846–2853).
Hariyati, dkk. (2022). Pengembangan Instrumen Supervisi Akademik dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5.1.
Hendratmoko, dkk. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 118–133.
Junaidah, J. (2015). Strategi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 118–133.
Kusumah dan Alawiyah. (2021). Guru Penggerak Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Andi.
Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2).
Maryam, A. S. (2021). Strategi Perlaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/stategi-pelaksanaan-pembelajaran-berdiferensiasi/
Maunah, B. (2019). Ilmu Pendidikan. Kalimedia.
Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. PT Bumi Aksara.
Nurdin, N. (2019). Penerapan Metode Bilhikmah, Mau’izatulhasanah, Jadil dan Layyinah Pada Balai Diklat Keagamaan Aceh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 51–76.
Rachman, F. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. IRCiSoD.
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
Suardi, dkk. (2020). Landasan Pendidikan. Parama Ilmu.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151–166.
Uno dan Lamatenggo. (2016). Landasan Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Published
04-02-2023
How to Cite
Widiastuti, Y., Zahas Fana, L. L., & Muhibbin. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Pendidikan Islam. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 9(1), 67-79. https://doi.org/10.55210/humanistika.v9i1.907
Section
Articles
Abstract views: 718 , pdf downloads: 429