Pemikiran KH. Afifuddin Muhajir Tentang Fikih Tata Negara

  • Qorizha Islamiah Ningrum UIN Sunan Kalijaga
  • Fajrul Falah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Fikih, Tata Negara, KH. Afifuddin Muhajir

Abstract

Membahas tentang Negara dalam tradisi Islam pasti bersinggungan dengan Fikih Tata Negara dimana adanya Fikih Tata Negara adalah bagian dari Fikih Siyasah. Pengertian Fikih Tata Negara dapat di tarik benang merah bahwa Fikih Tata Negara merupakan salah satu aspek hukum Islam yang membicarakan pengaturan dan pengurusan kehidupan manusia dalam bernegara demi mencapai kemaslahatan dan kesejahteraan bagi manusia itu sendiri. Dalam tulisan KH. Afifuddin Muhajir tentang Fikih Tata Negara yang didalamnya membahas tentang Pancasila dalam Perspektif Fikih Tata Negara dimana Sebagai dasar negara Pancasila wajib dijadikan acuan dan pedoman dalam pembuatan ketentuan hukum dan perundang-undangan pada berbagai levelnya. Sedangkan pembahasan yang kedua ialah Kehadiran Negara dan Mekanisme Pengangkatan Pemimpin dimana kehadiran negara ialah wajib secara syar’i karena hal tersebut menjadi syarat atau instrumen bagi pelaksanaan aturan-aturan yang berstatus wajib syar’i pula. Dimana kewajiban taat kepada penguasa merupakan isyarat yang sangat jelas setiap muslim supaya memiliki pemimpin dalam berbagai levelnya.

References

Adhayanto, Oksep, Khilafah Dalam Sistem Pemerintahan Islam, Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, Vol. 1, No. 1, 2011.

Asshiddiqi, Jimly. Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara Jakarta : Rajawali Pers, 2015.

bin Muhammad az-Zarqa, Ahmad, Syarh al-Qawaid. Damaskus: Dar al-Qalam, 1989.

Hidayat Syaiful, “Tata Negara dalam Perspektif Fikih Siyasah”, tafaqquh , Vol. 1, No. 2, Desember 2013.

Hieronymus, Purwanta, Pancasila Dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia, Jurnal Candi, Volume 18 No 2, 2 Januari 2017.

Jafar, Wahyu Abdul, “Fikih Siyasah Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadist”, Al-Imarah: Jurnal Pemerintahan dan Politik Islam, Vol. 3, No. 1, 2018

Khaldun Ibnu, Tarikh Ibnu Khaldun, Beirut: Dar Ihya‘ at-Turats al-‘Arabi, 2000

Kurnia, Ryzka Dwi, Pemikiran Fazlur Rahman Mengenai Politik Islam, POLITICA: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, Vol. 8, No. 2, 2021.

Mahmadatun, Siti, “Konsep Fikih Siyasah Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 Jo. Nomor 45 Tahun 1990”, Millah Vol. 16, No. 1, Agustus 2016

Mawardi. Imam. 2017. Al-Ahkam As-Sulthaniyyah Hukum-Hukum Penyelenggaraan Negara dalam Syariat Islam. Bekasi : PT Darul Falah, 2009.

Megasari, Indah Dewi, “Hukum Islam Dalam Kerangka Hukum Tata Negara Indonesia”, Al-‘Adl, Vol. 8, No. 2, Mei-Agustus 2016,

Muhajir, Afifuddin. Fikih Tata Negara Upaya Mendialogkan Sistem Ketatanegaraan Islam. Yogyakarta: IRCiSoD, 2017.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2007..

Rashda, Diana, Konsep Kepemimpinan Islam: Telaah Pemikiran Politik Islam al-Mawardi, Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam,Vol. 19 No. 2, September 2021.

Rohman, Abdul, Bagaimana Konsep Pemilihan Pemimpin dalam Perspektif Konstitusi Indonesia dan Islam, Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan Volume 31 Nomor 2 (Tahun 2021).

Said Ali As’ad. Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Jakarta: LP3ES, 2010.

Syaiful, Hidayat, “Tata Negara dalam Perspektif Fikih Siyasah”, tafaqquh , Volume 1, No. 2, (Desember 2013).

Yazid. Abu. Sejarah Hidup K.H.R. As’ad Syamsul Arifin Dan Pandangannya Tentang Pancasila. Jakarta: Erlangga, 2019.

Published
15-07-2022
How to Cite
Qorizha Islamiah Ningrum, & Fajrul Falah. (2022). Pemikiran KH. Afifuddin Muhajir Tentang Fikih Tata Negara. Asy-Syari’ah : Jurnal Hukum Islam, 8(2), 65-80. https://doi.org/10.55210/assyariah.v8i2.778
Abstract views: 911 , Pdf downloads: 1161