PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI NGADIROJO

  • Mulyadi STKIP PGRI Pacitan
  • Suci Arimbi STKIP PGRI Pacitan
Keywords: Discovery Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Ngadirojo sejumlah 365 siswa dengan sampel kelas X AK 2 dan X AP masing-masing berjumlah 40 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperiment (semu) dengan Post-test Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk uraian dengan terlebih dahulu dilakukan validasi oleh validator, menguji tingkat kesukaran dan daya beda butir instrument serta uji reliabilitas instrument. Prasarat uji yang dilakukan adalah uji normalitas dan homogenitas. Data-data yang telah berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis untuk melihat perbedaan hasil belajar dengan uji Independent Sample t-Test dengan menggunakan bantuan software pengolah data statistik (IBM SPSS Statistics). Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung 0,463 dan nilai probabilitas atau signifikansi sebesar 0,05 yang berarti (0,463 >0,05). Maka H0 diterima atau H1 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Anis, W. (2017). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, (2)10, 15-24.
Arends, R. (2015). Learning to teach (10th ed). New York: McGraw-Hill International Edition.
Effendi, L. (2012). Pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (2).
Etherington, M. B. (2011). Investigative Primary Science: A Problem-based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education. (36) 9, Article 4.
Hamdan, A. R., Kwan, C. L., Khan, A., Ghafar, Mohd. N. A., Sihes, A. J.(2014). Implementation of Problem Based Learning among Nursing Students. International Education Studies. Vol. 7, No. 7.
Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Konstektuaal Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nugraha, G., Sarkani, & Supianti, I.I. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 78-87.
Oktaviani, B. A. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2018). Perbedaan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Scholaria, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 132–141.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rambega, Ulfa Laela. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Formal dan Motivasi Belajar Fisika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 19 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 4, No. 3
Rohmah, C. N. & Setiani, R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA. Vol. 5 No. 2, hal. 99-106
Saputra, P. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya. Jurnal PHYTAGORAS, 3 (2), 75-84.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suminar, S.O. & Meilani, R.I. 2016. Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap prestasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1, No. 1, hal. 80-89
Sungur, S., & Tekkaya, C. (2006). Effects of Problem-Based Learning and Traditional Instruction on Self-Regulated Learning. The Journal of Educational Research, 99(5), 307-317.
Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Susiwi, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Ilmiah Skylandsea, 2(1), hal 93-99.
Tuti, K.M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies. (4) 2, 131-136
Published
16-08-2023
How to Cite
Mulyadi, & Suci Arimbi. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI NGADIROJO. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 9(2), 77-88. https://doi.org/10.55210/attalim.v9i2.1229
Section
Articles
Abstract views: 488 , PDF downloads: 337