ANALISIS DAN PENILAIAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan penilaian pemnyelesaian masalah matematika ditinjau dari kemampuan siswa. Jenis penelitian ini juga penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 7 Jember. Instrumen yang digunakan adalah pre-test,post-test, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa kemam;puan tinggi melaksanakan semua tahapan peneyelesaian masalah matematika dan mendapatkan nilai sangat tinggi yaitu 100. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan rendah tidak melaksanakan tahapan penyelesaian masalah matematika dan mendapatkan nilai 23,07
References
Harmilia, P. D., Putra, E. D., & Sulisawati, D. N. (2020). Kesadaran Dan Pengaturan Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Soal Pisa. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/4865
Liberna, H. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/101
Lukman, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaiakan Masalah Litersi Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.
.https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p101-106
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran matematika Dengan Menggunakan Moden Pembelajaran Generatif (Generative Learning)di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika.
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/644
Zayyadi,Lutfiyah, & Pratiwi, E. (2023). Analisis Commonitive Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Non Rutin. Jurnal Matematika dan Pembelajaran .
https://ejournal.uij.ac.id/index.php/AXI/article/view/1990
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematicshttps://www.ams.org/journals/notices/200008/comm-ferrini.pdf
Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018, 2025 JDIH Kemendikbud 1 (2018). https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKDaPPgLdjbSYx8IrLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzYEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1672999248/RO=10/RU=https%3a%2f%2fwww.ayomadrasah.id%2f2019%2f07%2fpermendikbud-37-tahun-2018-KI-KD-K13.html/RK=2/RS=z0TeenYGKd1FsDgf0gIqCmrCyO0-
Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifitasan Strategi React Ditijau Dari Prestasi Belajara,Kemampuan Penyelesaian Masalah,Koneksi Matematis,Self Effcacy. Jurnal Riset Pendidikan Matetika.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7345
Romika, & Amalia, Y. (2014). Analisis Tingkat kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Media Visual dan Non Visual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Dengan Teori Van Hiele.
Rossydha, F., Nusantara, T., & Sukoriyanto. (2021). Commognitive Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan.
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14367
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0883035511001327
Yarmayani A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Adikdaya.http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i2.9
Copyright (c) 2023 eric
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.