EKPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ANYAMAN DAUN KELAPA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA

  • Patma Sopamena IAIN Ambon
  • Harjan Samal IAIN Ambon
  • La Olo Nuru IAIN Ambon
  • Djaffar Lessy IAIN Ambon
  • Lukman Hakim IAIN Ambon
Keywords: etnomatematika, anyaman daun kelapa, sumber belajar matematika

Abstract

Etnomatematika merupakan aktivitas matematika yang dilakukan oleh suatu komunitas masyarakat tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan eksplorasi matematika dalam budaya masyarakat tersebut dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika sebagai sumber belajar. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasikan konsep-konsep matematika pada sistem mata pencaharian masyarakat Telaga Desa Piru, yakni hasil dari anyaman daun kelapa sebagai wadah ketupat dan kakusang kasoami sebagai sumber belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif diskriptif dengan pendekatan etnografi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam artikel ini adalah masyarakat Dusun Telaga Desa Piru Kabupaten Seram Bagian Barat yang menganyam daun kelapa sebagai sumber mata pencaharian. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yakni selama di lapangan dan setelah terkumpulnya data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil anyaman daun kelapa sebagai mata pencaharian masyarakat Telaga Desa Piru terdapat konsep-konsep matematikayang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada bidang geometri, yaitu bangun datar (belah ketupat, segitiga, dan persegi panjang) dan bangun ruang (yakni balok, limas segitiga, limas segi empat, kubus, dan tabung).

References

Hamzah, H., Suaedi, & Ma’rufi. (2022). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT KELAS 5 SDN 12 LANGKANAE KOTA PALOPO. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1397
Heriyati, H., & Handayani, S. (2022). KETUPAT MAKANAN TRADISIONAL BETAWI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATIKA. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1415
Huda, S., Suherman, Komarudin, Syazali, M., & Umam, R. (2020). The Effectiveness of Al-Qurun Teaching Model (ATM) Viewed from Gender Differences: The Impact on Mathematical Problem-Solving Ability. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012001
Ibrahim, N. sri wahyuni. (2021). Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pemebelajaran Matematika di Kabupaten Sukabumi. JURNAL PEKA. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.819
Komarudin, K., & Permana, P. T. (2019). LKPD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4385
Kusuma Wurdani, W. P. A., & Budiarto, M. T. (2021). Etnomatematika Usaha Kerajinan Anyaman Rotan Masyarakat Gresik dalam Perspektif Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36709/jpm.v12i1.15255
Nurbaeti, Sowanto, Mikrayanti, Sarbudin, & Edison. (2019). Ethnomathematics on Woven Fabric (Tembe Nggoli) of Mbojo tribe society. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/2/022049
Pramesti, S L D, R. (2021). Studi Etnomatematika: Matematika dalam Aktivitas Masyarakat Pesisir. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding ….
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562
Sopamena, Patma, Kaliky, Syafrudin & Assagaf, G. (2018). Etnomatematika Suku Nuaulu Maluku. In LP2M IAIN Ambon.
Sopamena, P., & Juhaevah, F. (2019). Karakteristik Etnomatematika Suku Nuaulu Di Maluku Pada Simbol Adat Cakalele. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(2), 075–084. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss2pp075-084ar772
Sutarto, S., Ahyansyah, A., Mawaddah, S., & Hastuti, I. D. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika). https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.2097
Published
16-08-2023
How to Cite
Sopamena, P., Harjan Samal, La Olo Nuru, Djaffar Lessy, & Lukman Hakim. (2023). EKPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ANYAMAN DAUN KELAPA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 9(2), 163-175. https://doi.org/10.55210/attalim.v9i2.1234
Section
Articles
Abstract views: 129 , PDF downloads: 153