INTEGRASI ETIKA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PEMBINAAN GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Sabariah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Erfika Erfika Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Hartono Hartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rufi’i Rufi’i Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Endah Yulia Rahayu Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Etika, Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Pengembangan, Guru

Abstract

Sebuah isu penting dalam sistem pendidikan di Indonesia saat ini adalah peningkatan kualitas sekolah. Namun, upaya untuk meningkatkan kualitas masih menghadapi berbagai masalah, seperti fasilitas fisik yang tidak memadai dan kualitas guru. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi etika dalam kepemimpinan untuk mendukung pengembangan guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 di Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memahami strategi, karakteristik, dan dampak integrasi etika dalam kepemimpinan terhadap pengembangan guru. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pendidik, dan siswa. Temuan penelitian termasuk strategi kepemimpinan yang melibatkan memberikan contoh bagi bawahan, mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang, menetapkan standar etika agama sebagai norma budaya, dan mempertimbangkan aspek heterogenitas dalam mengembangkan budaya etika di sekolah. Karakteristik kepemimpinan yang ditemukan meliputi religius, kejujuran, keadilan, disiplin, ketegasan, dan simpati. Dampak dari integrasi etika dalam kepemimpinan terlihat dalam perilaku dan aspek akademik. Penelitian menyimpulkan bahwa integrasi etika dalam kepemimpinan dapat memiliki dampak positif. Proses ini memengaruhi orang lain dengan memimpin secara etis, sesuai dengan standar etika yang telah ditetapkan, dan meningkatkan kualitas guru dalam mencapai visi bersama institusi. Dengan demikian, nilai-nilai yang dianut oleh komunitas sekolah dapat dipertahankan sambil meningkatkan kualitas pendidikan.

References

Abu, S. N. (2014). Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan, 02(01), 704 – 831.
Adrianti, E., Arismunandar, & Wahirah. (2023). Meningkatkan Disiplin Guru Melalui Peran Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Research Student, 01(01), 1 – 15.
Agustina, P. (2018). Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 08(02), 206 – 219.
Agustina, P. (2018). Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 08(02), 206 – 219.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(01), 25 – 38.
Ali, M. N., Hidayah, N., & Andari, A. (2023). Etos Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smp Madina Islamic School Tebet. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(02), 791 – 796.
Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185 – 192.
Darmiyanti, A., Saprialman, & Nursyifa, N. (2023). Penerapan Etika Profesi Kepala Sekolah Di Mi Tarbiyatul Islam 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4), 89-100. https://doi.org/10.5281/zenodo.7677956.
Elsanty, A. C., Mujiatun, & Hartati, S. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Mengelola Kinerja Guru PAI Di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 01(01), 1 - 9.
Furqon, F., & Nurdyansyah, N. (2020). Principal's Strategy in Forming Students' Religious Character (Case Study at SD Muhammadiyah 1 Sedati, Sidoarjo): Strategi Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 1 Sedati, Sidoarjo). Proceedings of The ICECRS, 05: 1 – 7.
Gusrita, S. & Martha, A. (2023). Etika dalam Kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 07(03): 30070 – 30076.
Halimah, T., & Marahma, S. K. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Sikap Toleransi Beragama Di SMAN 1 Simpang Kanan Kab. Aceh Singkil. Jurnal Intelektualita, 11(01), 1 – 13.
Hasan, S. (2018). Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di SMK Se-Kabupaten Boalemo. JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(02), 158 – 168.
Ilham. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Jurnal, 02(03), 154 – 161.
Ilmansyah, D., & Trihantoyo, S. (2022). Kepemimpinan Positif Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Teacher Well-Being. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(02), 284 – 298.
Ilmi, M., Selle, A., & Munawir. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama Di Sekolah. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 284-300. https://doi.org/10.35905/alishlah.v19i2.2205.
Jauhari, M. B., Srihadi, & Sayekti, S. (2021). Upaya Sekolah Menanamkan Sikap Toleransi. Democratia Online, 01(01), 1 – 15.
Jumriah, Akib, H., & Darwis, M. (2016). Disiplin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Baru. Jurnal Office, 02(01), 155 – 162.
Junaidi, R. P., Agustina, F., Sastrodiputro, M. A., & Anshori, M. I. (2023). Implementasi Etika Kepemimpinan dan Kepemimpinan Tranformasional Pada Kinerja Karyawan (Studi Literatur). Jrime : Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi, 01(03), 282 – 304.
Kaslin, A., & Rumisa, S. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Profesionalisme Guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 06(02), 123 – 136.
Khasanati, D. (2023). Analisis Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Elscho, 01(01), 9 – 17.
Kusumaningtyas, F. (2018). Kedisiplinan Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SD Negeri 1 Sembung, Wedi, Klaten. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(07), 1519 – 1526.
Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 07(02), 48 – 63.
Mushthofa, A., Muqowin, & Dinana, A. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SMK Cendekia Madiun. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 09(01), 72 – 87.
Pujianti, E. (2022). Etika Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 08(01): 37 – 44.
Qurtubi, A. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Memfasilitasi Pembinaan Guru di Lingkungan Sekolah Multikultural melalui Kepemimpinan Profesional. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 2(1), 81 – 94.
Rianto, H. (2016). Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Di Lingkungan Sekolah. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 03(01), 80 – 91.
Romadoni, W., Kusmintarjo, & Arifin. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus di PAUD Islam Sabillilah dan SDN Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1500-1504. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620 (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/ view/6620
Rosdina, Murniati, & Yusrizal. (2015). Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pada SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 03(02), 69 – 78.
Sodiah, & Nurhikmah, E. (2017). Etika Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 01(02), 163 – 188.
Published
04-05-2024
How to Cite
Sabariah, Erfika, E., Hartono, H., Rufi’i, R., & Rahayu, E. Y. (2024). INTEGRASI ETIKA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PEMBINAAN GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 10(1), 164 - 174. https://doi.org/10.55210/attalim.v10i1.1623
Section
Articles
Abstract views: 68 , PDF downloads: 34
Most read articles by the same author(s)