Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Rudi Haryadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten
  • Hanifa Nuraini Al Kansaa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten
Keywords: media pembelajaran, e-learning, hasil belajar

Abstract

Dengan adanya perkembangan zaman ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengalami kemajuan sangat pesat seperti alat komunikasi dan internet yang dapat mempermudah seseorang dalam melakukan atau memperoleh suatu informasi. Sekarang ini, kegiatan belajar dan mengajar memanfaatkan kemajuan tersebut seperti menggunakan teknologi informasi berbasis internet yaitu e-learning agar dapat menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. Motode penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka dimana dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan objek penelitian kemudian data tersebut akan diolah oleh penulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

References

Adawi, R. Pembelajaran Berbasis E-Learning. Universitas Negeri Medan, pada http://digilib.unimed.ac.id/541/1/Pembelajaran%20Berbasis%20E-Learning.pdf.

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Fisika. JPF Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. VIII, No. 2.

Anwar, N. H. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Edmood Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Kelas XI IPA SMAN 1 Ternate Rilau. Skripsi, Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar.

Astuti, I. A., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive learning multimedia based Microsoft excel on the temperature an heat. Unnes Science Education Journal, 7(1).

Hariyati, N. R., & Syakur, A. (2018). Penerapan Strategi Membaca Kritis di Akademi Farmasi Surabaya untuk Menunjang Kecakapan Literasi Menuju Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Heri. (2020, Juli 04). Media Pebelajaran: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis Jenis & Contoh. diakses pada Desember 19, 2020, dari Salamadian: https://salamadian.com/pengertian-media-pembelajaran/

Katmini, K., & Syakur, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Kemampuan Activities Of Daily Living (ADL) pada Anak Retardasi Mental Usia 6-12 Tahun di SLB Yayasan Putra Asih Kediri Tahun 2018. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(1), 163-171.

Kurniawan, A., & Syakur, A. (2017). The Correlation of Emotional Intelligence and Spiritual of Intelligence to Effectiveness Principals of Leadership. International Journal of Psychological and Brain Sciences, 2(1), 1-9.

Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(2), 184-197.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29-36.

Lestari, W. (2018). Enhancing an Ability Mathematical Reasoning through Metacognitive Strategies. JPhCS, 1097(1), 012117.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Hidayatillah, W. (2020). Persepsi Guru dan Siswa Tentang Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 109-122.

Mahmud, H., & Iqbal. (2019). Pembelajaran Berbasis Edmood dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 2 Palopo. Journal of Islamic Education Management, Vol. 4, No. 1, hal 049-060.

Miraza, R., Jufrida, & Pathoni, H. Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF) Universitas Muhammadiyah Makassar, Volume 6, Nomor 3, hal 260-268.

Muhajir, Musfikar, R., & Hazrullah. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmood Terhadap Minat dan Hasil Belajar (Studi Kasus di SMK Negeri Al Mubarkeya). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Volume 3, Nomor 1, hal 50-56.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ningsih, A., Sabat, Y., & Syakur, A. (2014). Comic Strips as Media to Develop Student’s Writing Ability in Composing Recount Text for The Tenth Graders of SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Komik Strips Sebagai Media Untuk Mengembangakan Kemampuan Menulis Siswa Dalam Mengarang Teks Recount. English Education, 2(2).

Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39-50.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2).

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278-285.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 415-420).

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017, September). Eksplorasi Etnomatematika Petani dalam Lingkup Masyarakat Jawa. In SENATIK 2017.

Rahmania, I., Budiono, B., Soenaryo, S. F., Syakur, A., & Tinus, A. (2020). Implementation of Internal Quality Guarantee System to Increase the Quality of Education in Junior High School 21 Malang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 421-432.

Rusman. (2016). Pengembangan Model E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Kwangsan, Vol. 4, No. 1, hal 01-15.

Setiawan, P. (2020, Oktober 16). Pengertian E-Learning - Karakteristik, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, Jenis, Komponen, Para Ahli. diakses pada Desember 19, 2020, dari Guru Pendidikan: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning/

Sulam, K., Syakur, A., & Musyarofah, L. (2019). THE IMPLEMENTATION OF 21 ST CENTURY SKILLS AS THE NEW LEARNING PARADIGM TO THE RESULT OF STUDENT’S CAREER AND LIFE SKILLS. Magister Scientiae, 2(46), 228-237.

Suwastika, I. W. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem dan Informatika, Vol. 13, No. 1.

Syakur, A. (2014). Analisis Dialek Lokal Sebagai Penanda Identitas Lokal Individu (Studiinterlanguage Mahasiswa Di Ilmu Administrasi Negara Stisospol “Waskita Dharma” Malang). JAMAK, 1(1), 14-18.

Syakur, A., & Rakhmawati, Y. (2014). An Error Analysis Of Using Simple Present Tense in Descriptive Writing Text Among The Eight Grade Students of SMP IT Baitul Ulum Tempel Gempol. English Education, 3(1).

Syakur, A. (2015). Developing ESP Instructional Materials for Undergraduate Students of International Economic Departments in State Brawijaya University of Malang. Jurnal Edukasi, 1.

Syakur, A. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37-47.

Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau dari Model Pembelajaran di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi, 8(2), 100-108

Syakur, A. (2018). Using Cooperative Learning Strategies to Improve the Student’s Reading Comprehension. JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN., 4(1), 97-110.

Syakur, A. (2019). Application of E-Learning As a Method In Educational Model to Increase The TOEFL Score In Higher Education. Journal of Development Research, 3(2), 111-116.

Syakur, A., Musyarofah, L., Sulistiyaningsih, S., & Wike, W. (2020). The Effect of Project Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 625-630.

Syakur, A., & Azis, R. (2020). Developing Reading Learning Model to Increase Reading Skill for Animal Husbandry Students in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 484-493.

Syakur, A., Zainuddin, H. M., & Hasan, M. A. (2020). Needs Analysis English For Specific Purposes (ESP) For Vocational Pharmacy Students. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 724-733.

Syakur, A. (2020). The Effectiveness of English Learning Media through Google Classroom in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 475-483.

Syakur, A., Sugirin, S., Margana, M., Junining, E., & Sabat, Y. (2020). Improving English Language Speaking Skills Using “Absyak” On-Line Learning Model for Second Semester in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 684-694.

Syakur, A., & Panuju, R. (2020). Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Promosi di Akademi Farmasi Surabaya. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(1), 128-136.

Syakur, A., Fanani, Z., & Ahmadi, R. (2020). The Effectiveness of Reading English Learning Process Based on Blended Learning through" Absyak" Website Media in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 763-772.

Syakur, A., Susilo, T. A. B., Wike, W., & Ahmadi, R. (2020). Sustainability of Communication, Organizational Culture, Cooperation, Trust and Leadership Style for Lecturer Commitments in Higher Education. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1325-1335.

Syakur, A., Junining, E., & Mubarok, M. K. (2020). Developing English for Specific Purposes (ESP) Textbook for Pharmacy Students Using On-Line Learning in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 467-474.

Syakur, A., & Sabat, Y. (2020). The Effectiveness of Coopertative Learning (STAD and PBL type) on E-learning Sustainable Development in Higher Education. Journal of Development Research, 4(1), 53-61.

Syakur, A., Junining, E., & Sabat, Y. (2020). The Implementation of Project Based Learning (PBL) Model Towards the Result Student’s TOEFL in 7th semester of Brawijaya University. Journal of Development Research, 4(1), 41-46.

Syakur, A., Faradisy, R., & Surahman, F. (2020). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris di Akademi Kebidanan Graha Husada melalui Aplikasi Google Class Room pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 2(1), 88-95.

Syakur, A. (2020). Improving the Eighth Grade Students’ Listening Comprehension Achievement by using Dictation Techniques. Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi dan Perubahan Sosial, 7(3), 205-216.

Yasid, A., & Syakur, A. (2020). Refleksi Nilai-nilai Eksistensialisme pada Tokoh Nidah Kirani dalam Novel “Tuhan, Ijinkan Aku Menjadi Pelacur! Karya: Muhidin M. Dahlan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 264-272.

Published
13-02-2021
How to Cite
Haryadi, R., & Nuraini Al Kansaa, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 68-73. https://doi.org/10.36835/attalim.v7i1.426
Section
Articles
Abstract views: 8608 , pdf downloads: 9695