Pembinaan Remaja Putri dalam Adab Berpakaian Sesuai Syariat Islam

  • Kamilah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Suriadi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Pembinaan, Remaja Putri, Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana peran,metode dan kendala yang dihadapi  oran tua dalam membina remaja putri dalam abad berpakaian sesuai dengan syariat Islam di Dusun Pelaik Desa Singaraya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa:1) Peran orang tua dalam membina remaja putri dalam adab berpakaian, yaitu orang tua memberikan contoh dan keteladaan, selalu memotivasi, dan memberikan dorongan dengan memfasilitasi remaja putri dan mengajarakan kepada remaja tentang pentingnya berpakaian yang sesuai dengan syariat Islam, 2) Metode yang dilakukan orang, yaitu dengan cara pembiasaan artinya orang tua melatih remaja putri dalam berpakaian yang sesuai syariat Islam sejak dini sehingga remaja putri terbiasa, memberikan nasihat, melakukan pengawan dalam hal bergaul dengan teman-temanya, dan memberikan teguran dan hukuman apabila remaja putri tidak berpakaian sesuai syariat Islam, 3) Kendala orang tua dalam membina remaja putri dalam adab berpakaian, yaitu kurangnya pemahaman dari orang tua, sehingga orang tua hanya mengajarkaan dan membina remaja putri sesuai dengan apa yang mereka ketahui, remaja masih bersifat labil sehingga sulit membedakan mana yang baik maupun tidak baik, lingkungan luar dan internet.

References

Adnan. 2012. Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta Timur: Sedaun.
Ahmad, Izzan dan Sachudin. Hadis Pendidikan Konsep Pendidika Berbasis Hadis. Bandung: Humaniora.
Fathi, Bunda. 2011. Mendidik Anak Dengan Al-Qur’an. Grasindo.
Muiz, Muhammad Muhsin. 2014. Menjadi Musim Propesional Sesuai Al-Qur’an. Jakarta: PT Elex Media Kompotindo.
Rahim, Arhjayati. 2013. “Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Remaja Putri Menurut Islam,” jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-studi Islam), Vol. 13, No. 1. 2013, hlm. 88.
Syarbini, Amirullah. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.
Tafsir, Ahmad. 2002. Pendidikan Anaka Dalam Keluarga (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thoha, Miftah. 2017. Ilmu Administrasi Publik Kontenporer. Jakarta: Kencana,
Published
06-08-2021
How to Cite
Kamilah, & Suriadi. (2021). Pembinaan Remaja Putri dalam Adab Berpakaian Sesuai Syariat Islam. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 7(2), 125-131. https://doi.org/10.36835/attalim.v7i2.528
Section
Articles
Abstract views: 74 , pdf downloads: 272