Revolusi Karakter Bangsa Melalui Pendidikan untuk Mengembangkan Warga Negara yang Baik

  • Monica Oktafianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinnie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan, Karakter

Abstract

Abstract: Indonesia is now faced with a moral crisis that could impede future development and sustainability. The moral crisis occurs throughout longevity and almost everywhere in Indonesia. Therefore, the study is done to reflect in good nation character creation through the implementation of civics education values. The method used in doing this study is a qualitative approach using a library study method. Data sources are derived from journals and expert opinions. Based on analysis, (1) many character education values are integrated into more advanced civic education (2) development of good citizen can be achieved through education by shaping the character of a highly educated, skill-wise, ethical and social participation.

 Key words: character education, education, character

Abstrak: Indonesia saat ini mulai dihadapkan pada persoalan krisis moral yang dapat menghambat pembangunan dan keberlangsungan bangsa di masa yang akan datang. Krisis moral terjadi diseluruh jenjang usia dan hampir diseluruh penjuru daerah di Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memberikan gambaran dalam pembentukan karakter bangsa yang baik melalui implementasi nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Sumber data diperoleh dari jurnal dan  pendapat-pendapat para ahli. Berdasarkan hasil analisis didapatkan (1) nilai-nilai pendidikan karakter banyak terintegrasi didalam pendidikan terlebih pendidikan kewarganegaraan (2) pengembangan good citizen dapat dicapai melalui pendidikan dengan membentuk karakter bangsa yang berilmu tinggi, memiliki keterampilan, etika dan partisipasi yang baik dimasyarakat.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan, karakter

Published
06-08-2021
How to Cite
Oktafianti, M., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Revolusi Karakter Bangsa Melalui Pendidikan untuk Mengembangkan Warga Negara yang Baik. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 7(2), 132-143. https://doi.org/10.36835/attalim.v7i2.546
Section
Articles
Abstract views: 353 , pdf downloads: 890