Desain Pendidikan Akhlak di Sekolah Menengah Pertama 2 Jember
Abstract
Munculnya counter productive dalam dunia pendidikan telah menyebabkan munculnya gejala-gejala di kalangan anak muda, bahkan orang tua, yang menunjukkan bahwa mereka mengabaikan nilai dan moral dalam tata krama pergaulan yang sangat diperlukan dalam suatu masyarakat yang beradab. Keprihatinan terhadap dekadensi moral ibarat sebilah pisau bermata dua. Jika mencari akar masalah pada orang lain pada hakikatnya akar masalah itu juga bermula dari diri sendiri sehingga menyalahkan orang lain berarti pula menyalahkan diri sendiri. Untuk itu perlu dicarikan solusi dan aksi pendidikan akhlak yang tepat. Penelitian mengenai “Model Pendidikan Akhlak Aplikatif-Integratif di SMPN 2 Jember” dilakukan berpijak dari keprihatinan tersebut. Hasil penelitian ini menujukan bahwa desain pendidikan akhlak aplikatif integratif di SMP Negeri 2 Jember dengan menerapkan empat model, pertama terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Kedua buadaya sekolah yang meliputi kegiatan rutin yang merupakan kegiatan sudah terprogam, kegiatan spontan, keteladanan dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pengkondisian fisik maupun non-fisik. Ketiga kegiatan ekstra kurikuler yang merupakan kegiatan tambahan di SMPN 2 Jember. Keempat Kegiatan berbasis komonitas yang melibatkan orang tua dan masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan akhlak aplikatif integratif.
Kata Kuci; Pendidikan, Akhlak, Sekolah
References
Akhmad Muhaiin Azzet. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogykarata: Ar-Ruz Media
Al Ghazali Imam. 1990. Ihya’ Ulumiddin. Semarang: CV Asy Syifa.
Aqib, Zaenal. 2002. Profesionalisme Pendidik dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendikia.
Arifin, Miftah. 2007. Pendidikan Akhlak dalam Presfektf Imam Al-Ghazali. Jember: Center For Society Studies
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Ma’mur Jamal. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
Asrohah, Hanun. “Pendidikan Akhlak: Problem dan Perspektif”, Nizamia, Vol.5, No. 2 (Agustus 2012)
Azra, Azyumardi. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekontruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.
Dakir, 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depdiknas, 2005. Undang Undang No.14 tahun 2005 Tentang Pendidik dan Dosen Jakarta: Depdiknas RI
Haikal Husain, 2012, Wanita Dalam Pembinaan Pendidikan Karakter Bangsa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, Jakarta.
Ilyas, M. 2016. Upaya Meningkatkan Akhlakul Karimah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di Smpn I Pajarakan. Humanistika: Jurnal Keislaman, 2(1)
Iswanto, Agus. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Presfektif Multikulturalisme. Jakarata: Balai Litbang Agama Jakarta
Khoe Yau Tung, 2002. Simphoni Pedih Pendidikan Nasional. Jakarta: Abdi Tandur
Kurniawan, A., & Syakur, A. (2017). The Correlation of Emotional Intelligence and Spiritual of Intelligence to Effectiveness Principals of Leadership. International Journal of Psychological and Brain Sciences, 2(1), 1-9.
Hariyati, N. R., & Syakur, A. (2018). Penerapan Strategi Membaca Kritis di Akademi Farmasi Surabaya untuk Menunjang Kecakapan Literasi Menuju Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).
Islam, M. H. (2015). THORNDIKE THEORY AND IT’S APPLICATION IN LEARNING. Attalim, 1(1), 37-47.
Islam, M. H. (2016). IMPLEMENTATION SCHEME TECHNIQUES IN IMPROVEMENT UNDERSTANDING ABILITY IN READING. Attalim, 2(1), 51-58.
Islam, M. H. (2016). Ibnu Taimiyah and His Concept of Economy. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 15-33.
muhammad Hifdil Islam. (2016). Inclusivity and Deradicalization of Religion. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 2(2), 183-194.
Islam, M. H. (2017). DIVERSITY AND MULTICULTURAL. Humanistika, 3(1), 83-103.
Islam, M. H. (2017). Tolerance in Persepective Of Qur’an And Bibel (Comparative Analysis of Religious Tolerance in Diverses Community). Humanistika, 3(2), 45-58.
Islam, M. H. (2018). Islamic Law in Indonesia. Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam, 4(1), 31-50.
Islam, M. H. (2018, March). TEACHING OF ISLAM ON TOLERANCE IN RELIGIOUS DIVERSITY. In International Conference on" Islam Nusantara, National Integrity, and World Peace" 2018.
Lestari, W. (2018, September). Enhancing an Ability Mathematical Reasoning through Metacognitive Strategies. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012117). IOP Publishing.
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29-36.
Ningsih, A., Sabat, Y., & Syakur, A. (2014). Comic Strips as Media to Develop Student’s Writing Ability in Composing Recount Text for The Tenth Graders of SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Komik Strips Sebagai Media Untuk Mengembangakan Kemampuan Menulis Siswa Dalam Mengarang Teks Recount. English Education, 2(2).
Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-21.
Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018). GBL in Math Problem Solving: Is it Effective?. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 12(6), 101-111.
Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018, September). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012123). IOP Publishing.
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 415-420).
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017, September). Eksplorasi Etnomatematika Petani dalam Lingkup Masyarakat Jawa. In SENATIK 2017.
Setyaningrum, W., Pratama, L. D., & Ali, M. B. (2018). Game-based learning in problem solving method: The effects on students’ achievement. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 157.
Sulam, K., Syakur, A., & Musyarofah, L. (2019). THE IMPLEMENTATION OF 21 ST CENTURY SKILLS AS THE NEW LEARNING PARADIGM TO THE RESULT OF STUDENT’S CAREER AND LIFE SKILLS. Magister Scientiae, 2(46), 228-237.
Syakur, A. (2014). Analisis Dialek Lokal Sebagai Penanda Identitas Lokal Individu (Studiinterlanguage Mahasiswa Di Ilmu Administrasi Negara Stisospol “Waskita Dharma” Malang). JAMAK, 1(1), 14-18.
Syakur, A., & Rakhmawati, Y. (2014). An Error Analysis Of Using Simple Present Tense in Descriptive Writing Text Among The Eight Grade Students of SMP IT Baitul Ulum Tempel Gempol. English Education, 3(1).
Syakur, A. (2015). Developing ESP Instructional Materials for Undergraduate Students of International Economic Departments in State Brawijaya University of Malang. Jurnal Edukasi, 1.
Syakur, A. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37-47.
Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau dari Model Pembelajaran di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi, 8(2), 100-108
Syakur, A. (2018). Using Cooperative Learning Strategies to Improve the Student’s Reading Comprehension. JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN., 4(1), 97-110.
Syakur, A. (2019). Application of E-Learning As a Method In Educational Model to Increase The TOEFL Score In Higher Education. Journal of Development Research, 3(2), 111-116.
Copyright (c) 2019 Ahmad Royani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.