Pendidikan Agama Islam dalam Persepektif Al-Quran

Studi Analisis dalam Memahami Konsep Pendidikan yang Ada dalam Al Qur’an

  • Siti Maryam Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong

Abstract

Pendidikan merupakan alternatif utama bagi umat manusia dalam memberantas kebodohan. Sama halnya dengan apa yang dilakukan Rasulullah SAW., yang tidak di utus oleh Allah kecuali untuk penyempurnaan akhlaq manusia. Pembahasan tentang pendidikan ini akan tetap menjadi suatu perbincangan yang aktual, karena hanya pendidikanlah sarana satu-satunya bagi manusia untuk mengembangkan fitrah dasar yang diberikan Tuhan kepadanya (QS. Al A’raf : 172)
Al Quran sebagai kitab suci yang diwahyukan Allah untuk menunjukkan manusia kepada kehidupan yang baik, dengan maksud tersebut Al Quran memuat berbagai petunjuk, keterangan, prinsip, hukum serta konsep-konsep tentang pendidikan. Allah tidak akan menurunkan Al Quran kecuali menerangkan kepada manusia tentang apa yang mereka selisihkan dan sebagai petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS. 16 : 64), juga agar manusia memikirkan ayat-ayatNya dan orang-orang yang berfikir itu ingat kepada Allah (QS. 38 : 29).
Ada dua hal pembahasan ini, 1) Konsep Pendidikan dalam Al Qur’an, QS Al An’am ayat 75-80. 2) Komponen-komponen Pendidikan yang ada dalam Al Quran yang meliputi Tujuan Pendidikan, Kurikulum Pendidikan, Subyek dan Obyek Pendidikan serta Metode Pendidikan, yang termaktub dalam beberapa ayat Al Quran diantaranya ; QS Al Alaq 1-5, QS Ali Imran 138-139, QS Ar Rahman 1-4, QS At Tahrim 6.

Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Persepektif, Al Qur’an

References

Abdullah, Jalaluddin, Idi, 1997. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pertama Cet I.

Ahmadi, Abu, 1986. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Bandung: Amrika.

Ahmadi, Abu, 1991. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Abrasyi, Athiyah, M., 1996. Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Jakarta: BulanBintang.

Al-Jumbulati, Ali, 1994. Perbandingan Pendidikan islam. Jakarta: Renika Cipta.

Amin, Moh., 1992. Pengantar ilmu Pendidikan islam. Pasuruan: PT. Garuda BuanaIndah.

Anggota IKAPI, UU RI No. 2 1989, 1992. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Semarang: Aneka llmu

An-Nadwi, Fadil, Muhammad, 1992. Kamus adl-Dliya ‘. Surabaya: Mekar.

Arifin, M., Hubungan Timbal Balik Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Armando, Ade, DKK. 2001. Fnsiklopedi Pelajar islam I dan 4. Jakarta: PT. IchtiarBaru Van Hoeve.

As’adi, Basuki, 2003. Diktat Mata Kuliah Filsafat Pendidikan. Probolinggo: STA1ZAHA.

Ashrof, Ali, 1989. Harison Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Attas, al, Muhammad Naquib, 1996. Konsep Pendidikan Dalam Islam, Bandung:Mizan.

Aziz, Abdul, Dkk., 199, Qur’an Hadits Madrasah Aliya 2. Semarang: CV.Wicaksana.

DEPAG Rl, 1993. Terjetnah Al-qur’anul Karim. Surabaya: Suiya Cipta Aksara

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi II. Jakarta: Balai Pustaka.

DEPDIKBUD RI, Kurikulum Sekolah Menengah Umum. Jakarta: GBPP SLTA Pelajaran Agama Islam.

Hadi, Sutrisno, 1989. Metodologi Riserch. Yogyakarta: Andi Of Set.

Hamid, Abdul, Hakim, al-Bayan Jus Tsalits, Jakarta: Sa’adiyah Putra.

Hariyati, N. R., & Syakur, A. (2018). Penerapan Strategi Membaca Kritis di Akademi Farmasi Surabaya untuk Menunjang Kecakapan Literasi Menuju Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Islam, M. H. (2015). THORNDIKE THEORY AND IT’S APPLICATION IN LEARNING. Attalim, 1(1), 37-47.

Islam, M. H. (2016). IMPLEMENTATION SCHEME TECHNIQUES IN IMPROVEMENT UNDERSTANDING ABILITY IN READING. Attalim, 2(1), 51-58.

Islam, M. H. (2016). Ibnu Taimiyah and His Concept of Economy. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 15-33.

muhammad Hifdil Islam. (2016). Inclusivity and Deradicalization of Religion. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 2(2), 183-194.

Islam, M. H. (2017). DIVERSITY AND MULTICULTURAL. Humanistika, 3(1), 83-103.

Islam, M. H. (2017). Tolerance in Persepective Of Qur’an And Bibel (Comparative Analysis of Religious Tolerance in Diverses Community). Humanistika, 3(2), 45-58.

Islam, M. H. (2018). Islamic Law in Indonesia. Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam, 4(1), 31-50.

Islam, M. H. (2018, March). TEACHING OF ISLAM ON TOLERANCE IN RELIGIOUS DIVERSITY. In International Conference on" Islam Nusantara, National Integrity, and World Peace" 2018.

Jalal, Fatah, Abdul, 1986. Asas-Asas Pendidikan Islam. Bandung: Diponegoro.

Jalaludin dan Usman, Said, 1994. Filsafat Fendidikan Islam. Jakarta: Praja GratindoPersada.

Kurniawan, A., & Syakur, A. (2017). The Correlation of Emotional Intelligence and Spiritual of Intelligence to Effectiveness Principals of Leadership. International Journal of Psychological and Brain Sciences, 2(1), 1-9.

Langulung, Hasan, 1986. Asas-Asas Fendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Lestari, W. (2018, September). Enhancing an Ability Mathematical Reasoning through Metacognitive Strategies. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012117). IOP Publishing.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29-36.

Marimba, Ahmad, D., 1989. Pengantar Filsafat Fendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Mas’udi, Hasan, Minhalul Mughisfi lltni Musfholahil Hadits. Surabaya: Hikmah.

MZ, Labib, dan Muhtadin Muhammad, 1993.Himpunan Hadits Shoheh Bukhari.Surabaya: Tiga Dua.

Nashir, M., 1985. Dasar-Dasar llmu Mendidik. Jakarta: Mutiara Sumber Widiya.

Nasution, Harun, 1985. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: Press Jilid Idan VI.

Nata, Abudin, 2000. Femikiran Fara Tokah Agama Islam. Jakarta: PT. GralindoPersada Cet I.

Nata, Abudin, Al-Qur’an dan Hadits Idirosah Islamiyah). Jakarta: Rajawali Press.

Ningsih, A., Sabat, Y., & Syakur, A. (2014). Comic Strips as Media to Develop Student’s Writing Ability in Composing Recount Text for The Tenth Graders of SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Komik Strips Sebagai Media Untuk Mengembangakan Kemampuan Menulis Siswa Dalam Mengarang Teks Recount. English Education, 2(2).

Partanto, A., Pius, Dkk., 1994. Kamus Ilmiah Fopuler. Surabaya: Arloka.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-21.

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018). GBL in Math Problem Solving: Is it Effective?. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 12(6), 101-111.

Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018, September). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012123). IOP Publishing.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 415-420).

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017, September). Eksplorasi Etnomatematika Petani dalam Lingkup Masyarakat Jawa. In SENATIK 2017.

Purwanto Ngalim, 1994. llmu Fendidikan Teori dan I’raids. Bandung: PT’ RemajaRosda Karya Get. VII.

Quthb, Ali, Muhammad, 2000. 50 Nasehai Rasulul/ah untuk Generasi Muda.Bandung: Mizan.

Setyaningrum, W., Pratama, L. D., & Ali, M. B. (2018). Game-based learning in problem solving method: The effects on students’ achievement. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 157.

Shihab, Quraiys, 1997. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan

Shihab, Quraiys, 1998. Mu’jizat Al-Qur’an. Bandung: Mizan

Sulam, K., Syakur, A., & Musyarofah, L. (2019). THE IMPLEMENTATION OF 21 ST CENTURY SKILLS AS THE NEW LEARNING PARADIGM TO THE RESULT OF STUDENT’S CAREER AND LIFE SKILLS. Magister Scientiae, 2(46), 228-237.

Syakur, A. (2014). Analisis Dialek Lokal Sebagai Penanda Identitas Lokal Individu (Studiinterlanguage Mahasiswa Di Ilmu Administrasi Negara Stisospol “Waskita Dharma” Malang). JAMAK, 1(1), 14-18.

Syakur, A., & Rakhmawati, Y. (2014). An Error Analysis Of Using Simple Present Tense in Descriptive Writing Text Among The Eight Grade Students of SMP IT Baitul Ulum Tempel Gempol. English Education, 3(1).

Syakur, A. (2015). Developing ESP Instructional Materials for Undergraduate Students of International Economic Departments in State Brawijaya University of Malang. Jurnal Edukasi, 1.

Syakur, A. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37-47.

Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau dari Model Pembelajaran di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi, 8(2), 100-108

Syakur, A. (2018). Using Cooperative Learning Strategies to Improve the Student’s Reading Comprehension. JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN., 4(1), 97-110.

Syakur, A. (2019). Application of E-Learning As a Method In Educational Model to Increase The TOEFL Score In Higher Education. Journal of Development Research, 3(2), 111-116.

Published
15-01-2019
How to Cite
Maryam, S. (2019). Pendidikan Agama Islam dalam Persepektif Al-Quran. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 79-96. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.67
Section
Articles
Abstract views: 3051 , pdf downloads: 1692