PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI BERBAGAI JENJANG PENDIDIKAN PADA PANDEMI COVID-19

  • Lilih Witjati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: persepsi, pembelajaran daring, pandemi Covid-19

Abstract

Terjadinya pendemi Covid-19 ini memang merupakan sebuah musibah untuk berbagai sektor kehidupan. Terutama yang menjadi pusat perhatian adalah bidang pendidikan. Pandemi ini memaksa pemerintah untuk menetapkan kebijakan baru dalam pendidikan yaitu pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Ternyata dengan adanya pembelajaran dari ini menimbulkan berbagai persepsi orang tua siswa.  penelitian ini bertujuan mengungkap persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring di berbagai jenjang pendidikan pada pandemi Covid-19.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan menggunakan sempel atau responden sebanyak delapan responden wali murid dari empat jenjang pendidikan yaitu TK, SD, SMP, dan SMA. Dari hasil penelitian ini diperoleh berbagai persepsi dari orang tua siswa. persepsi tersebut meliputi proses pembelajaran, dampak pembelajaran, kesadaran siswa, harapan dan hikmah yang diperoleh dari pembelajaran dari ini. Hampir semua orang tua berharap untuk dapat pembelajaran tatap muka secara normal dengan gurunya, sehingga pembelajaran berjalan seperti sedia kala.

References

buku, jurnal dan internet
Published
28-01-2022
How to Cite
Lilih Witjati. (2022). PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI BERBAGAI JENJANG PENDIDIKAN PADA PANDEMI COVID-19. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(1), 67-81. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i1.756
Section
Articles
Abstract views: 116 , pdf downloads: 143