Model Manajemen Pendidikan Pesantren Berbasis Karakter
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan gambaran dan analisis terhadap manejemen penedidikan pesantren berbasis karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka, yaitu pengumpulan data yang bersifat kepustakaan sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan pesantren berbasis karakter dilakukan dengan menerapkan fungsi-fungsi manejemen yaitu; perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengevaluasian. Semua fungsi ini dijalankan dengan melibatkan seluruh unsur pesantren. Dalam hal ini, keteladanan dari semua unsur pengurus pesantren harus sangat ditekankan.
Abstract
This study aims to provide an overview and analysis of the management of character-based pesantren education. This study uses a qualitative approach with the type of library research, namely the collection of library data as the object of research. The results showed that the management of character-based pesantren education was carried out by implementing management functions: planning, organizing, coordinating, implementing, and evaluating. All these functions are carried out by involving all elements of the pesantren. In this case, the exemplary of all aspects of the pesantren management must be emphasized.
References
A’la, A. (2006). Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Abdurrahman, A. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 279–297. https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.336
Abdurrahman Wahid. (2001). Menggerakkan Tradis: Esai-esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS.
Al-Ghazali. (n.d.). Ihya’ ‘Ulumuddin, Juz III. Beirut: Dar al-Ihya’ al-Kutub al–Arabiyah.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chreswell, J. W. (2010). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. Terj. Ahmad Fawaid. Yogyakarta.
Irawan, D., Aunurrahman, & Sukmawati. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN : STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM NGABANG. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8.
Krippendorfr, K. (1993). Analisi Isi: Pengantar Teori Dan Metodelogi. Terj. Farid Wajidi. Jakarta: Citra Niaga Rajaali Press.
Luthfi Afif Al Azhari, M. (2018). MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN (Telaah Sistem Perencanaan, Pengelolaan dan Pelaksanaan Pendidikan Pesantren). In Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial (Vol. 12). Diambil dari http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/298
Maragustam. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana FTIK Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.
Muhaimin, & dkk. (2010). Manajemen Pendidikan Islam "Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.
Muklasin, Riswandi, & Ambarita, A. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter Santri. JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN, 4(2). Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/11660
Nizarani, Kristiawan, M., & Sari, A. P. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1), 37–44. https://doi.org/10.19109/INTELEKTUALITA.V9I1.5432
Pratama, D. A. N. (2019). TANTANGAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 3(1), 198–226. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.518
Rafiq, & Dkk. (2005). Pemberdayaan Pesantren: Menuju Kemandirian dan Profesionalisme Santri dengan Metode Daurah Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Said Aqil Siradj. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab.
Shodiq, H. A. (2017). MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS ANGGARAN DAN SUBSIDI PEMERINTAH. Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami, 04(01).
Suwaid, M. N. A. H. (2010). Prophetic Parenting; Cara Nabi SAW Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.
Suwandi. (2017). MANAJEMEN PENDIDIKAN LIFE SKILL. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial, 1(1), 55–67. Diambil dari http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/48
Terry, G. R. (2006). Prinsip-prinsip Manajememen, terj. J. Smith. Jakarta: Bumi Aksara.
Thomas Lickona. (2013). Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat & Tanggung jawa. Jakarta: Bumi Aksara.
Zahri Harun, C. (2013). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER. MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER, 0(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752
Maylanie, J. T. (2022). Tahapan Pengambilan Keputusan (Kajian Teoritis dari James AF Stoner). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 263-274.
Wahyono, T. E. (2022). Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 251-262.
Nuraini, H. (2022). Manajemen Risiko Untuk Meminimalisir Masalah Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(3), 339-350.
Ridwan, R. (2021). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 1(4), 14-24.
Tofan, M. (2021). Menyusun Program Pelatihan Bagi Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 1(4), 25-35.
Purbaja, A. (2022). Konsep Analisis Rasio Aktivitas Dan Profitabilitas Keuangan Perusahaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Thawalib, 1(2), 77-88.
Zubaida, A. N. (2022). Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Dalam Organisasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Thawalib, 1(1), 1-8.
Latifah, E. (2022). Manajemen Keuangan Perusahaan Menurut Perspektif Grestenberg. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Thawalib, 1(1), 45-52.
Copyright (c) 2023 Muhammad Lutfi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.