Imamah dalam Pemikiran Politik Syi’ah
Abstract
Dalam pandangan politik Syi’ah Imamah bukanlah masalah kepentingan pribadi yang diberikan kepada pilihan publik, akan tetapi adalah salah satu pilar agama atau asal-usul dan dasar perinsip agama. Syi'ah memiliki sejumlah doktrin penting, doktrin Imamah menempati kedudukan sentral dalam aspirasi politik Syi'ah. Hak politik adalah mutlak dimiliki oleh kalangan Ahlul Bait. Bagi kaum Syi’ah, konsep Imâmah adalah kelanjutan dari konsep nubuwwah. Kriteria Imamah: Ishmah dan Ilmu.Dalam perkembangan pemikiran tentang Imâmah ini, bisa disebut tiga kelompok besar Syi’ah Imamiyah, yaitu: Isna ‘Asyariyah, Zaidiyah dan Isma’iliyah.
Downloads
References
Abdullah, Taufik. et. al., Ensiklopedi Tematis Dunia Islam jilid III. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.
Amili, Muhsin. A’yân al-Syi’ah, Juz I. Beirut: Dâr al-Ta’âruf, t.t.
Amini, Ibrahim. Para Pemimpin Teladan. Jakarta: Al-Huda, 2005.
Aceh, Abu Bakar. Syi’ah: Rasionalisme Dalam Islam. Solo: Ramadhani, 1984.
Asy-Syahrastani, Al-Milal wa Al-Nihal Aliran-Aliran Teologi dalam sejarah umat manusia, terj. Asywadie Syukur. Surabaya: pt.bina ilmu, 2006.
Bek, M. Al-Khudhari. Itmam al-wafa’ Fi’ Sirat al-Khulafa’ Beirut: Dar al-Fikr, tt
Buhairi (al), Mamduh Farhan. Gen Syi’ah: Sebuah tinjauan sejarah, penyimpangan aqidah dan konspirasi Yahudi. Jakarta: Darul Falah, 2001.
Enayat, Hamid. Reaksi Politik Sunni dan Syi’ah, terj. Asep Hikmat. Bandung: Pustaka, 1988.
Hasim, M.E. Kamus Istilah Islam, Bandung: Pustaka, 1987.
Islam, M. H. (2017). Tolerance in Persepective Of Qur’an And Bibel (Comparative Analysis of Religious Tolerance in Diverses Community). Humanistika, 3(2), 45-58.
Islam, M. H. (2018). Islamic Law in Indonesia. Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam, 4(1), 31-50.
Islam, M. H. (2018, March). TEACHING OF ISLAM ON TOLERANCE IN RELIGIOUS DIVERSITY. In International Conference on" Islam Nusantara, National Integrity, and World Peace" 2018.
Islam, M. H. (2019). Aplikasi dan Diferensiasi Pendidikan Islam. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 5(1), 73-95.
Islam, M. H. (2019). ISLAM AND CIVILIZATION (ANALYSIS STUDY ON THE HISTORY OF CIVILIZATION IN ISLAM). Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 22-39.
Islam, M. H. (2019, November). Model Pendekatan Halaqotul MuAllimin Al-Islamiyah dalam Membentuk Kepribadian Yang Rahmatan Lil Alamin Sebagai Identitas Kebangsaan di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 3, No. 1, pp. 491-503).
Hariyati, N. R., & Syakur, A. (2018). Penerapan Strategi Membaca Kritis di Akademi Farmasi Surabaya untuk Menunjang Kecakapan Literasi Menuju Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).
Islam, M. H. (2020). TOLERANCE LIMITATION IN FACING RELIGIOUS DIVERSITY BASED ON THE TEACHING OF ISLAM. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-13.
Islam, M. H., & Aziz, A. (2020). Transformation of Pesantren in Maintaining Good Character. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 6(1), 35-48.
Imamah Dalam Bingkai Syi’ah dan Ahlus Sunnah, dalam http://irfangigih.wordpress.com/2011/12/08/imamah-dalam-bingkai-syiah-dan-ahlus-sunnah/, 8 Desember 2011
Katmini, K., & Syakur, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Kemampuan Activities Of Daily Living (ADL) pada Anak Retardasi Mental Usia 6-12 Tahun di SLB Yayasan Putra Asih Kediri Tahun 2018. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(1), 163-171.
Kurniawan, A., & Syakur, A. (2017). The Correlation of Emotional Intelligence and Spiritual of Intelligence to Effectiveness Principals of Leadership. International Journal of Psychological and Brain Sciences, 2(1), 1-9.
Ma’luf, Louis. al-Munjid fi al-Lughah wa al-’Alam. Beirut: Dar al-Masyriq, 1975.
Mawardi (al), Imam. Al-Ahkam Al-Sulthaniyyah Hukum-Hukum penyelenggaraan negara dalam syari’at Islam, terj. Fadli Bahri, Jakarta: Darul Falah, 2007.
Manzûr, Ibnu. Lisân al-‘Arab, Juz II. Mesir: al-Dâr al-Misriyyah, t.t.
Ningsih, A., Sabat, Y., & Syakur, A. (2014). Comic Strips as Media to Develop Student’s Writing Ability in Composing Recount Text for The Tenth Graders of SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Komik Strips Sebagai Media Untuk Mengembangakan Kemampuan Menulis Siswa Dalam Mengarang Teks Recount. English Education, 2(2).
Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39-50.
Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(2), 184-197.
Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2).
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278-285.
Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018, September). Game-Based Learning: The effects on student cognitive and affective aspects. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012123).
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29-36.
Lestari, W. (2018). Enhancing an Ability Mathematical Reasoning through Metacognitive Strategies. JPhCS, 1097(1), 012117.
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 415-420).
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017, September). Eksplorasi Etnomatematika Petani dalam Lingkup Masyarakat Jawa. In SENATIK 2017.
Rahmania, I., Budiono, B., Soenaryo, S. F., Syakur, A., & Tinus, A. (2020). Implementation of Internal Quality Guarantee System to Increase the Quality of Education in Junior High School 21 Malang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 421-432.
Ridha, M. Rasyid. Al-Khilafat aw al- Imamat al-Uzma. Al-Qahirat: al-Manar, tt
Syihab, Tgk. H.Z.A. Akidah Ahlus Sunnah: Versi Salaf-Khalaf dan Posisi Asya’irah di antara keduanya. Jakarta: Bumi Aksara, 1998.
Sachedina, Abdulaziz A. Kepemimpinan Dalam Islam: Perspektif Syi’ah, terj. Ilyas Hasan Bandung: Mizan, 1991.
Samawii (as), Muhammad at-Tijani. Bersama Orang-orang Yang Benar. Jakarta: Yayasan as-Sajjad, 1997.
Sjadzali, Munawir. Islam dan Tata Negara. Jakarta: UI Press, 1993.
Sulam, K., Syakur, A., & Musyarofah, L. (2019). THE IMPLEMENTATION OF 21 ST CENTURY SKILLS AS THE NEW LEARNING PARADIGM TO THE RESULT OF STUDENT’S CAREER AND LIFE SKILLS. Magister Scientiae, 2(46), 228-237.
Syakur, A. (2014). Analisis Dialek Lokal Sebagai Penanda Identitas Lokal Individu (Studiinterlanguage Mahasiswa Di Ilmu Administrasi Negara Stisospol “Waskita Dharma” Malang). JAMAK, 1(1), 14-18.
Syakur, A., & Rakhmawati, Y. (2014). An Error Analysis Of Using Simple Present Tense in Descriptive Writing Text Among The Eight Grade Students of SMP IT Baitul Ulum Tempel Gempol. English Education, 3(1).
Syakur, A. (2015). Developing ESP Instructional Materials for Undergraduate Students of International Economic Departments in State Brawijaya University of Malang. Jurnal Edukasi, 1.
Syakur, A. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37-47.
Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau dari Model Pembelajaran di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi, 8(2), 100-108
Syakur, A. (2018). Using Cooperative Learning Strategies to Improve the Student’s Reading Comprehension. JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN., 4(1), 97-110.
Syakur, A. (2019). Application of E-Learning As a Method In Educational Model to Increase The TOEFL Score In Higher Education. Journal of Development Research, 3(2), 111-116.
Syakur, A., Musyarofah, L., Sulistiyaningsih, S., & Wike, W. (2020). The Effect of Project Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 625-630.
Syakur, A., & Azis, R. (2020). Developing Reading Learning Model to Increase Reading Skill for Animal Husbandry Students in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 484-493.
Syakur, A., Zainuddin, H. M., & Hasan, M. A. (2020). Needs Analysis English For Specific Purposes (ESP) For Vocational Pharmacy Students. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 724-733.
Syakur, A. (2020). The Effectiveness of English Learning Media through Google Classroom in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 475-483.
Syakur, A., Sugirin, S., Margana, M., Junining, E., & Sabat, Y. (2020). Improving English Language Speaking Skills Using “Absyak” On-Line Learning Model for Second Semester in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 684-694.
Syakur, A., & Panuju, R. (2020). Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Promosi di Akademi Farmasi Surabaya. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(1), 128-136.
Syakur, A., Fanani, Z., & Ahmadi, R. (2020). The Effectiveness of Reading English Learning Process Based on Blended Learning through" Absyak" Website Media in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 763-772.
Syakur, A., Susilo, T. A. B., Wike, W., & Ahmadi, R. (2020). Sustainability of Communication, Organizational Culture, Cooperation, Trust and Leadership Style for Lecturer Commitments in Higher Education. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1325-1335.
Syakur, A., Junining, E., & Mubarok, M. K. (2020). Developing English for Specific Purposes (ESP) Textbook for Pharmacy Students Using On-Line Learning in Higher Education. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 467-474.
Syakur, A., & Sabat, Y. (2020). The Effectiveness of Coopertative Learning (STAD and PBL type) on E-learning Sustainable Development in Higher Education. Journal of Development Research, 4(1), 53-61.
Syakur, A., Junining, E., & Sabat, Y. (2020). The Implementation of Project Based Learning (PBL) Model Towards the Result Student’s TOEFL in 7th semester of Brawijaya University. Journal of Development Research, 4(1), 41-46.
Syakur, A., Faradisy, R., & Surahman, F. (2020). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris di Akademi Kebidanan Graha Husada melalui Aplikasi Google Class Room pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 2(1), 88-95.
Syakur, A. (2020). Improving the Eighth Grade Students’ Listening Comprehension Achievement by using Dictation Techniques. Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi dan Perubahan Sosial, 7(3), 205-216.
Thabathaba’i (ath), Muhammad Husayn. Inilah Islam, terj. Ahsin Muhammad. Bandung: Pustaka Hidayah, 1992.
________. al-Mizan fi Tafsir al-Quran jilid I. Beirut: Muassasah al-a’lami li al-mathbuat, 1991.
Kamaluddin Nurdin Marjuni, ”Sekilas Perbedaan Prinsip Politik Sekte-sekte Syi’ah” dalam http://www.sobatmuslim.com/artikel/sekilas-perbedaan-prinsip-politik-sekte-sekte-syiah/, 28 Oktober 2010.
Yasid, A., & Syakur, A. (2020). Refleksi Nilai-nilai Eksistensialisme pada Tokoh Nidah Kirani dalam Novel “Tuhan, Ijinkan Aku Menjadi Pelacur! Karya: Muhidin M. Dahlan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 264-272.
Copyright (c) 2020 abd aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.