Pengaruh Word of Mouth dan Brosur terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pembiayaan Serba Guna di BPRS Bangkal

  • Nurul Hidayati Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
  • Ziyadatul Jamilah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
Keywords: Promosi Word of Mouth, Iklan Media Cetak, Peningkatan Jumlah Nasabah

Abstract

Persaingan antar lembaga keuangan baik konvensional maupun syariah sangat ketat ditandai dengan berdirinya lembaga-lembaga keuangan tersebut seakan tumbuh subur dalam dunia perekonomian yang bergerak dalam bidang perbankan maupun koperasi. Berbagai strategi pun ditempuh agar dapat menarik masyarakat bank lain untuk mentransfer simpanannya ke bank tersebut. Teori Ahmad Muzakir (2019) yang menyatakan bahwa word of mouth memiliki pengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah hal ini bertentangan dengan praktik yang dilakukan oleh bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Kas Bangkal yaitu promosi word of mouth bukan menjadi hal utama dalam meningkatkan jumlah nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi word of mouth dan iklan media cetak (brosur) terhadap peningkatan jumlah nasabah di BPRS Kantor Kas Bangkal baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data primer berupa penyebaran kuesioner kepada 177 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Slovin. Dari hasil penelitian uji t atau secara parsial promosi word of mouth (X1) tidak berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,128 > (a) 0,05, maka H1 ditolak. Dan iklan media cetak (X2) berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < (a) 0,05, maka H2 diterima. Sedangkan secara simultan dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi word of mouth (X1) dan iklan media cetak (X2) terhadap peningkatan jumlah nasabah (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H3 diterima.

Kata Kunci: Promosi Word of Mouth; Iklan Media Cetak; Peningkatan Jumlah Nasabah

References

Hendarti, A. M., Yudha, A. T. R. C., Wicaksono, R. A., Maksum, M., & Huda, N. (2023). The Knowledge, Service Features, Benefits, And Convenience and Their Influence on Customer Interest: Evidence on BSI Mojopahit 2 Mojokerto City, Indonesia: Pengaruh Pengetahuan, Fitur Layanan, Manfaat dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan BSI Mobile Banking Pada Tahun 2021: Studi Pada BSI KCP Mojopahit 2 Kota Mojokerto. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 13(1), 49-66.

Yudha, A. T. R. C., Setiani, S. Y., & Huda, N. (2023). Eksistensi Generasi Muda dalam Menjaga Ketahanan Pangan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Studi di Desa Kadungrembug, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Economics Development Issues, 6(2), 106-116.

Published
31-01-2024
How to Cite
Hidayati, N., & Jamilah, Z. (2024). Pengaruh Word of Mouth dan Brosur terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pembiayaan Serba Guna di BPRS Bangkal. Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 10(1), 115-130. https://doi.org/10.55210/iqtishodiyah.v10i1.1406
Section
Articles
Abstract views: 71 , pdf downloads: 72