Dampak Toko Agen Sembako terhadap Warung Kecil dalam Persfektif Ekonomi Islam

(Studi Kasus Kecamatan Cigudeg)

  • Siti Alifia Maulida STEI Napala
  • Faridudin Malikur Rahmat STEI Napala
Keywords: Agen Sembako, Warung Kecil, Ekonomi Islam

Abstract

ABSTRAK

 

Keberadaan agen sembako yang sering kali berdampingan dengan warung kecil memberikan dampak yang signifikan khususnya pada penurunan keuntungan dan omset warung kecil disekitarnya. Sedangkan dalam pendirianya agen sembako ini sudah diatur untuk minimal berjarak 500 meter dari warung kecil disekitarnya dengan maksud agar tidak terjadi monopoli bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak toko agen sembako terhadap warung kecil dalam persfektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian adalah 5 orang pedagang warung kecil di daerah kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Pengolahan data menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggambarkan dampak keberadaan agen sembako terhadap warung kecil di kecamatan Cigudeg, kemudian menganalisanya berdasarkan tinjauan ekonomi Islam. Hasil penelitian menunjukan, keberadaan agen-agen sembako disekitar warung kecil memberikan dampak penurunan omset dikisaran 30%. Dari sisi keuntungan sebelum keberadaan agen sembako keuntungan warung kecil 30-40% jika dikalkulasi dalam satu bulan dari omset seluruh barang terjual. Setelah adanya agen sembako menurun menjadi 10-20% dalam sebulan dari omset seluruh barang terjual. Dalam persfektif ekonomi Islam, persaingan dagang antara agen sembako dan warung kecil di kecamatan Cigudeg termasuk ke dalam monopoli perdagangan. Istilah monopoli dalam Islam terdapat satu ungkapan yaitu al-Ihtikar. Melalui pendekatan tekstual bahwasanya hadis Nabi Muhammad SAW tersebut di atas dapat dipahami bahwa istilah al-Ihtikar merupakan hal yang dilarang dalam syariat Islam.

Keywords: Agen Sembako, Warung Kecil, Ekonomi Islam

References

Hendarti, A. M., Yudha, A. T. R. C., Wicaksono, R. A., Maksum, M., & Huda, N. (2023). The Knowledge, Service Features, Benefits, And Convenience and Their Influence on Customer Interest: Evidence on BSI Mojopahit 2 Mojokerto City, Indonesia: Pengaruh Pengetahuan, Fitur Layanan, Manfaat dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan BSI Mobile Banking Pada Tahun 2021: Studi Pada BSI KCP Mojopahit 2 Kota Mojokerto. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 13(1), 49-66.

Yudha, A. T. R. C., Setiani, S. Y., & Huda, N. (2023). Eksistensi Generasi Muda dalam Menjaga Ketahanan Pangan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Studi di Desa Kadungrembug, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Economics Development Issues, 6(2), 106-116.

Published
31-01-2024
How to Cite
Alifia Maulida, S., & Rahmat, F. M. (2024). Dampak Toko Agen Sembako terhadap Warung Kecil dalam Persfektif Ekonomi Islam. Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 10(1), 161-175. https://doi.org/10.55210/iqtishodiyah.v10i1.1526
Section
Articles
Abstract views: 113 , pdf downloads: 264