IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESKILLING PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK MA DARUL ULUM WATES NGALIYAN KOTA SEMARANG

Muhammad Fatkhusysyarif

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh fluktuitas mutu akademik mupun non akademik pesera didik, input siswa yang yang heterogen dan tidak semua memilik kemampuan di bidang pendidikan agama Islam dan output nilai prestasi yang kurang menggambarkan adanya manajemen SDM Pendidik yang kurang baik dalam mengembangkan mutu akademik dan non akademik MA Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Agar bisa menjadikan pendidikan yang berkualitas baik kualitas akademik maupun non akademik peserta didik maka reskilling pendidik dan diorganisasikan dalam suatu kesatuan dengan dikerjakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan dalam untuk meningkatkan mutu peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan antara lain: metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Jumlah yang terwawancara sebanyak 5 orang. Terkumpulnya data akan dianalisis mempergunakan tehnik analisis Data Collection Data Reduction Data Display, dan Verification  Data / Conclusion Drawing. Hasil penelitian dari riset ini yaitu Implementasi manajemen reskilling pendidik di MA Darul Ulum Wates Ngaliyan Kota Semarang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi, dan evaluasi yang terstruktur. Program ini menggabungkan teknologi, soft skills, dan kepemimpinan, serta melibatkan berbagai pihak dalam pengorganisasian. Implikasi Implementasi program reskilling di MA Darul Ulum Wates Ngaliyan Kota Semarang membawa dampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Program ini meningkatkan kompetensi pendidik melalui pelatihan berbasis teknologi dan metode inovatif, yang meningkatkan kreativitas dan kemampuan pendidik dalam menciptakan pembelajaran interaktif

References

Arifin, Z. (2019). enerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2).
Arikunto, S., & Yuliana, L. (2018). Manajemen Pendidikan. Aditya Media.
Depag, R. (2017). Kendali Mutu PAI. Depag RI.
Huda, N., Pratiwi, I., Sugito, E., Imran, A., & Fakhri, M. M. (2023). Peningkatan Soft Skill Melalui Program Pelatihan Bebras Challenge Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Siswa SMK. Jurnal Sipakatau: Inovasi Pengabdian Masyarakat, 10–18. https://doi.org/10.61220/jsipakatau.v1i1.232
Mcllvane, A. R. (2018). Window of Opportunity,” Human Resource Executive. 5 Juni.
Nawawi, H., & Martini, N. (2016). Penelitian Terapan. Gadjah Mada University Press.
Notoatmojo, S. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.
Pophal, L. G. (2019). Thinking Your Seat at The Table. HR Magazine, March.
Roestiyah. (2016). Masalah-masalah Ilmu Kependidikan. Bina Aksara.
Saavedra, A., & Opfer, V. D. (2012). Learning 21st-Century Skills Requires 21st-Century Teaching. The Phi Delta Kappan, 94, 8–13. https://doi.org/10.2307/41763587
Satriani, E., Wahyuni, S., & Muklis, M. (2023). Pelatihan Desain Konten Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif berbasis Aplikasi Moodle. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4, 74. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6866
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Soedjadi, F. X. (2012). O&M (Organization and methods) Penunjang Keberhasilan Proses Manajemen. Haji Masgung.
Walewangko, G., Sumual, T., & Usoh, E. (2023). Hambatan dan Strategi Pengembangan Sumber Daya Pendidik. JURNAL PENA EDUKASI, 9, 94. https://doi.org/10.54314/jpe.v9i2.1242
Wirasatriya, P. A., Wahyuni, D. S., & Sindu, I. G. P. (2020). EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 9, 160–171.

Authors

Muhammad Fatkhusysyarif
kuroosan02@gmail.com (Primary Contact)
Fatkhusysyarif, M. (2025). IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESKILLING PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK MA DARUL ULUM WATES NGALIYAN KOTA SEMARANG. Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 11(2), 227–236. https://doi.org/10.55210/iqtishodiyah.v11i2.2119

Article Details