Peran Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Bisnis Syariah di Kota Padang Sidimpuan

  • Jannus Tambunan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Resi Atna Sari Siregar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Khairul Bahri Nasution Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Asrul Hamid Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
Keywords: Kearifan Lokal, Bisnis Syariah, Kota Padang Sidimpuan

Abstract

Kearifan lokal adalah kebijaksanaan setempat atau kearifan setempat atau dapat juga dimaknai sebagai ide-ide setempat yang bersifat bijaksana, bermuatan nilai yang baik, penuh kebijaksanaan, yang diikuti dan tertanam dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran kearifan lokal Kota Padang Sidimpuan terhadap Pengembangan Bisnis Syariah.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam kepada pelaku usaha, masyarakat, tokoh adat dan pemerintah, data tersebut kemudian dianalisis dan menghasilkan kesimpulan.

Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa Kearifan lokal Kota padang sidimpuan sangat berperan dalam mengembangkan bisnis syariah yang sesuai tuntunan agama islam, dimana pelaku usaha dan konsumen saling menjaga, saling menghormati, saling menghargai, saling peduli, saling tolong menolong ini tercermin dari melekatnya nilai adat budaya dalam diri masyarakat. Kearifan lokal ini tidak berfokus pada pencantuman kata “syariah” yang melekat pada merek dagang atau merek usaha, akan tetapi lebih kepada muatan kegiatan/aktivitas bisnis yang bernilai syariah, ramah tamah, tutur kata yang sopan dan santun, jujur, ketertiban dan keamanan kegiatan ekonomi.

Published
20-07-2022
How to Cite
Tambunan, J., Sari Siregar, R. A., Nasution, K. B., & Hamid, A. (2022). Peran Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Bisnis Syariah di Kota Padang Sidimpuan. Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(2), 119-136. https://doi.org/10.55210/iqtishodiyah.v8i2.827
Section
Articles
Abstract views: 249 , pdf downloads: 496