Parameter Kebenaran Ilmu Pengetahuan (Sains) dalam Al-Qur’an

  • Ibnul Arobi Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong
Keywords: Parameter, science, Al-Qur'an

Abstract

Kebenaran suatu ilmu pengetahuan benar-benar dapat
diketahui kebenarannya. Kebenaran merupakan puncak kajian
epistemology yang bermuara pada metafisika. Esensi suatu kebenaran
ilmu adalah cocoknya informasi, atau teori dengan kenyataan objek
sndiri. Dalam aspek-aspek dunia metafisis dan realitas mutlak
transcendental, parameter kebenaran itu adalah teks wahyu (al-Qur’an
dan Hadith) yang maknanya diketahui secara pasti menurut standar
Ijma’ dan logika untuk derajat “normal”. Parameter kebenaran suatu
ilmu pengetahuan dapat dibuktikan dalam al-Qur’an, didalamnya
memuat berbagai ilmu pengetahuan yang kebenarannya mutlak
serta keasliannya yang tak dapat disangsikan lagi dan juga telah
memberikan kedudukan istimewa kepada al-Qur’an diantara kitabkitab
suci yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, Mohammad. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Anwar, Saeful, Filsafat Ilmu Dimensi Ontologi, dan Aksiologi, Bandung: Pustaka Setia, 2007.

Anshari, Endang Saifuddin, Ilmu, Filsafat dan Agama, Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1987.

Aqqad (al), Abbas Muhammad, Filsafat al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996.

Bucaille, Maurice. Bibel, al-Qur’an dan Sains Modern, terj. Rasjidi. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Departemen Agama RI., Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Bandung: J-Art, 2005.

Ghulsyani, Mahdi. Filsafat Sains menurut al-Qur’an, terj. Agus Effendi. Bandung: Mizan, 1998. http://syiarislam.wordpress.com/2007/11/07/keajaiban-al-quran-danilmuJamil,

Hariyati, N. R., & Syakur, A. (2018). Penerapan Strategi Membaca Kritis di Akademi Farmasi Surabaya untuk Menunjang Kecakapan Literasi Menuju Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Islam, M. H. (2017). DIVERSITY AND MULTICULTURAL. Humanistika, 3(1), 83-103.

Islam, M. H. (2017). Tolerance in Persepective Of Qur’an And Bibel (Comparative Analysis of Religious Tolerance in Diverses Community). Humanistika, 3(2), 45-58.

Islam, M. H. (2018). Islamic Law in Indonesia. Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam, 4(1), 31-50.

Islam, M. H. (2018, March). TEACHING OF ISLAM ON TOLERANCE IN RELIGIOUS DIVERSITY. In International Conference on" Islam Nusantara, National Integrity, and World Peace" 2018.

Kurniawan, A., & Syakur, A. (2017). The Correlation of Emotional Intelligence and Spiritual of Intelligence to Effectiveness Principals of Leadership. International Journal of Psychological and Brain Sciences, 2(1), 1-9.

Fathurrahman. Filsafat Hukum Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Ma’luf, Luwis. Al-Munjid fi al-Lughoh wa al ‘Alam. Beirut: Dar al-Mashriq, 2003.

Ningsih, A., Sabat, Y., & Syakur, A. (2014). Comic Strips as Media to Develop Student’s Writing Ability in Composing Recount Text for The Tenth Graders of SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Komik Strips Sebagai Media Untuk Mengembangakan Kemampuan Menulis Siswa Dalam Mengarang Teks Recount. English Education, 2(2).

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 415-420).

Saifuddin Anshari, Endang. Ilmu, Filsafat dan Agama. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1987.

Sarwar H.G., Filsafat al-Qur’an, Jakarta: CV. Rajawali, 1990.

Shihab, M. Quraisy. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1998

Sulam, K., Syakur, A., & Musyarofah, L. (2019). THE IMPLEMENTATION OF 21 ST CENTURY SKILLS AS THE NEW LEARNING PARADIGM TO THE RESULT OF STUDENT’S CAREER AND LIFE SKILLS. Magister Scientiae, 2(46), 228-237.

Susanto, Ahmad. Filsafat Ilmu “Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis”.Jakarta: PT. bumi Aksara.

Syakur, A. (2014). Analisis Dialek Lokal Sebagai Penanda Identitas Lokal Individu (Studiinterlanguage Mahasiswa Di Ilmu Administrasi Negara Stisospol “Waskita Dharma” Malang). JAMAK, 1(1), 14-18.

Syakur, A., & Rakhmawati, Y. (2014). An Error Analysis Of Using Simple Present Tense in Descriptive Writing Text Among The Eight Grade Students of SMP IT Baitul Ulum Tempel Gempol. English Education, 3(1).

Syakur, A. (2015). Developing ESP Instructional Materials for Undergraduate Students of International Economic Departments in State Brawijaya University of Malang. Jurnal Edukasi, 1.

Syakur, A. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37-47.

Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau dari Model Pembelajaran di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi, 8(2), 100-108

Syakur, A. (2018). Using Cooperative Learning Strategies to Improve the Student’s Reading Comprehension. JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN., 4(1), 97-110.

Syakur, A. (2019). Application of E-Learning As a Method In Educational Model to Increase The TOEFL Score In Higher Education. Journal of Development Research, 3(2), 111-116.

Tim Penyusun MKD IAIN Sunan Ampel, Pengantar Filsafat. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011.

Published
01-01-2019
How to Cite
Ibnul Arobi. (2019). Parameter Kebenaran Ilmu Pengetahuan (Sains) dalam Al-Qur’an. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36835/humanistika.v5i1.148
Section
Articles
Abstract views: 432 , pdf downloads: 2365