Upaya Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Matematika Dengan Pendekatan Project Based Learning
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan adalah model spiral C. Kemmis & Mc Taggart, dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik non tes serta dibantu oleh Guru Mata Pelajaran untuk menilai Guru dan Peserta didik saat keterlaksanaan pembelajaran. Alat penelitian menggunakan soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan relatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, ranah kognitif terhadap hasil belajar matematika berdasarkan ketuntasan belajar kondisi awal, siklus I dan siklus II persentasenya adalah 21,43%; 71,43% dan 71.43%. Sedangkan hasil belajar matematika ranah psikomotor berdasarkan persentase ketuntasan belajar yaitu 0%; 53,57%; 84% pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik.
Copyright (c) 2023 Tematik : Jurnal Konten Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.