Pengaruh Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MA Al-Falah Dempo Barat
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian. ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA AL-FALAH pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan “One Group Pretest Posttest Design”. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah MA AL-FALAH Dempo Barat, Pasean, Kabipaten Pamekasan. Subyek penelitian ini terdiri dari 13 siswa kelas XI IPS B MA AL-FALAH Dempo Barat yang terdiri dari 13 siswa perempuan. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t-tes. Hasil dalam penelitian, menunjukkan bahwa model pembelejaran Discovery Learning sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena nilai Sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,5 dan t-hitung sebesar -4,042 yang menunjukkan bahwa nlai t hitung tidak berada pada wilayah H0 yaitu . Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS B MA AL-FALAH pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel pada tahun ajaran 2020/2021.
Copyright (c) 2023 Tematik : Jurnal Konten Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.