Pengaruh Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MA Al-Falah Dempo Barat

  • Mohammad Syafii Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Eric Dwi Putra Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Dimas Anditha Cahyo Sujiwo Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika, Sistem pertidaksamaan linear dua variabel

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian. ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA AL-FALAH pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan “One Group Pretest Posttest Design”. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah MA AL-FALAH Dempo Barat, Pasean, Kabipaten Pamekasan. Subyek penelitian ini terdiri dari 13 siswa kelas XI IPS B MA AL-FALAH Dempo Barat yang terdiri dari 13 siswa perempuan. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t-tes. Hasil dalam penelitian, menunjukkan bahwa model pembelejaran Discovery Learning sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena nilai Sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,5 dan t-hitung sebesar -4,042 yang menunjukkan bahwa nlai t hitung tidak berada pada wilayah H0 yaitu . Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS B MA AL-FALAH pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel pada tahun ajaran 2020/2021.

Published
18-06-2023
Abstract views: 48 , PDF downloads: 65