Profil Kesulitan Siswa Dalam Meneyelesaikan Soal AKM Ditinjau Dari Teori Van Hielle

  • Siti Mukarromah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Kustiana Arisanti UNIVERSITAS ISLAM ZAINUL HASAN GENGGONG
  • Loviga Denny Pratama
Keywords: Kesulitan Siswa, Soal AKM, Teori Van Hielle

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan adanya kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa SMP  Zainul Hasan 1 Genggong kelas VIII ketika mencoba menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum berupa materi geometri dan pengukuran, fungsi linier dan grafiknya,literasi membaca serta aljabar berdasarkan langkah pemecahan masalah menurut teori van hielle. Pemberian tes berupa soal AKM serta pengambilan sampel sebanyak 9 siswa untuk dilakukan wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini. Akan tetapi karena tingkat kemampuan siswa terbagi menjadi tingkat kemampuan tinggi,sedang dan rendah, dengan tingkat kemampuan rendah lebih mendominasi sebanyak 92,9%, maka sampel hanya diambil sebanyak 3 orang.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwasanya: 1) Siswa berkemampuan tinggi baik dalam memahami masalah(pengenalan),menganalisis masalah dan mengurutkan penyelesaian , serta cukup baik dalam melaksanakan rencana dan melihat kembali hasil yang diperoleh. 2)Siswa berkemampuan sedang baik dalam memahami masalah (pengenalan),menganalisis masalah,merencanakan masalah dan masih kurang baik dalam mengurutkan penyelesaian, dan melihat kembali hasil yang diperoleh.3) Siswa berkemampuan rendah baik dalam memahami masalah (pengenalan),menganalisis masalah dan masih kurang baik dalam mengurutkan penyelesaian, merencanakan masalah dan melihat kembali hasil yang diperoleh.

Published
20-06-2023
Abstract views: 109 , PDF downloads: 459