Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Kelas VIII
Abstract
Kesulitan belajar adalah fenomena yang seringkali terjadi pada siswa, tidak sedikit siswa yang tidak dapat mengatasi kesulitan tersebut sehingga hal tersebut menyebabkan nilai dan juga prestasi siswa menurun. Kesulitan tersebut dapat diketahui melalui jawaban siswa saat menyelesaikan soal. Kesulitan belajar matematika yang sering terjadi saat siswa menyelesaikan soal adalah kesulitan menghitung, kesulitan menafsirkan simbol, dan kesulitan memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal fungsi matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kalibaru Satu Atap. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes uraian sebanyak 2 butir soal, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini dapat diperoleh yaitu kesulitan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kalibaru Satu Atap dalam menyelesaikan soal aljabar fungsi adalah: 1) kesulitan pada operasi hitung positif dan negatif, 2) kesulitan mengingat rumus sehingga terkadang lupa cara mengerjakannya. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kalibaru Satu Atap kesulitan dalam menyelesaikan soal fungsi yaitu : 1) siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, 2) siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal, 3) siswa kesulitan menghitung operasi hitung positif dan negatif, 4) siswa kekurangan waktu dalam menyelesaikan soal.
Copyright (c) 2023 Kurnia Faradhilla Ruslini, Dwi Noviani Sulisawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.