Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Petani Cabai Di Desa Jajag Kabupaten Banyuwangi Dalam Pembuatan Lembar Proyek Siswa Materi Geometri

  • Mita Rahmawati
  • Rohmad Wahid Rhomdani
  • Fatqurhohman
Keywords: Media pembelajaran;, Lembar Proyek Siswa;, Model R&D ;

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan menentukan kelayakan LPS. Dari hasil penelitian pengembangan ini dapat dinyatakan bahwa LPS yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan semangat siswa dalam berlatih soal matematika. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner Subyek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa produk LPS dengan judul “Eksplorasi Etnomatematika Pada Kegiatan Petani Cabai Di Desa Jajag Kabupaten Banyuwangi Dalam Pembuatan Lembar Proyek Mahasiswa Materi Geometri”. Penyajian hasil data penelitian dan pengembangan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi instrumen dan validasi LPS. Validasi LPS oleh validator memperoleh skor rata-rata 3,14. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LPS yang dikembangkan dinyatakan valid. Data kualitatif diperoleh dari hasil angket respon siswa terhadap LPS yang dikembangkan. Berdasarkan hasil angket respon siswa, sebanyak 55% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi geometri, 87,5% siswa lebih mudah memahami materi geometri, 90% siswa memiliki semangat untuk belajar lebih lanjut, 70% LPS mempresentasikan menarik, 80% bahasa pertanyaan sangat mudah dipahami, 77,5% kalimat pertanyaan tidak menimbulkan makna ganda, 77,5% kalimat pertanyaan tidak menimbulkan makna ganda, dan 80% LPS sangat membantu dalam pembelajaran geometri, yang sangat baik. Artinya, gambar di LPS sudah jelas. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan siswa terhadap LPS diperoleh nilai rata-rata 84.

Published
21-07-2023
Abstract views: 72 , PDF downloads: 101