Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP

  • Jamilatuna Maliyana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Validitas, LKPD, Problem Based Learning, Statistika

Abstract

Pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika masih terbatas pada konsep dan mereka belum menyadari hubungannya dengan kehidupan nyata. pembelajaran matematika di kelas masih dominan guru sebagai pusatnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis PBL pada materi statistika siswa kelas VIII SMP yang valid dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya mencapai tahap develop. Subjek penelitian yakni  36 siswa kelas VIII-A SMP Plus An-Nur. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian LKPD untuk menilai validitas LKPD. Hasil uji validitas LKPD berbasis PBL menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata keseluruhan 4,44 dengan kriteria sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi. Sedangkan oleh ahli media menghasilkan nilai rata-rata keseluruhan 4,81 dengan kriteria sangat baik. Dalam konteks ini, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL diklasifikasikan sebagai valid karena memenuhi kriteria minimal baik.

Published
22-07-2023
Abstract views: 103 , PDF downloads: 605