Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika masih terbatas pada konsep dan mereka belum menyadari hubungannya dengan kehidupan nyata. pembelajaran matematika di kelas masih dominan guru sebagai pusatnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis PBL pada materi statistika siswa kelas VIII SMP yang valid dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya mencapai tahap develop. Subjek penelitian yakni 36 siswa kelas VIII-A SMP Plus An-Nur. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian LKPD untuk menilai validitas LKPD. Hasil uji validitas LKPD berbasis PBL menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata keseluruhan 4,44 dengan kriteria sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi. Sedangkan oleh ahli media menghasilkan nilai rata-rata keseluruhan 4,81 dengan kriteria sangat baik. Dalam konteks ini, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL diklasifikasikan sebagai valid karena memenuhi kriteria minimal baik.
Copyright (c) 2023 Jamilatuna Maliyana, Puji Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.