Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Pembelajaran Roda Integral Pada Materi Integral
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan pembelajaran kooperatif berbantuan media pembelajaran roda integral dalam meningkatkan pemahaman konsep integral pada siswa kelas XI MIPA B SMA Unggulan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan. Langkah- langkah tindakan pelaksanaan adalah membagi siswa dalam kelompok, setiap kelompok menyediakan modul ajar integral, memahami soal melalui media pembelajaran roda integral, siswa berdiskusi, guru mengamati keaktifan siswa, siswa presentasi. Kegiatan penilaian hasil belajar dilaksanakan dengan instrumen pretest dan postest tertulis pada setiap akhir siklus. Untuk mengungkap tanggapan siswa, dengan melihat jurnal dan wawancara. Rata-rata hasil evaluasi pada siklus 1 dan 2 adalah 58,66 dan 68,78. Ketuntasan belajar siklus 1 dan 2 masing-masing 49% dan 75,25%. Pada aspek keberanian bertanya dan berpendapat pada siklus 1 di bawah 65%, pada siklus 2 meningkat menjadi 71,5% dan 69%. Dengan demikian pembelajaran kooperatif berbantuan media pembelajaran roda integral dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI MIPA B SMA Unggulan Badridduja tahun pelajaran 2022/2023.
Copyright (c) 2023 Tematik : Jurnal Konten Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.