Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa

  • Nur Mauliska Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Wahyu Lestari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Keywords: Pengaruh, Outdoor Learning, Minat Belajar, Matematika

Abstract

Outdoor learning memperkenalkan pendekatan yang berbeda dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan luar ruangan sebagai ruang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara lebih mendalam pengaruh pembelajaran luar kelas terhadap minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar matematika siswa. Analisis data mengguanakan analisis statistik deskriptif, uji Independent Samples T-Test, analisis One-Way ANOVA. Rata-rata minat belajar matematika sebesar 39.87 dengan deviasi standar 19.824. Hasil uji-t menunjukkan nilai rata-rata minat belajar matematika siswa yang lebih tinggi pada kelompok pembelajaran di luar kelas (M = 39.87, SD = 19.824). Selain itu, hasil analisis korelasi menunjukkan hubungan yang signifikan secara statistik dan searah antara pembelajaran di dalam kelas, pembelajaran di luar kelas (outdoor learning), dan minat belajar matematika siswa. Temuan utama dari analisis One Way ANOVA juga mendukung hal ini. Hasil studi ini menggarisbawahi pentingnya pembelajaran di luar ruangan dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa.

Published
28-08-2024
Abstract views: 42 , PDF downloads: 65