PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI

  • Luluk Suryani Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Hadi Magfur Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Teams Game Tournament, Geogebra, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantuan Geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantuan Geogebra pada materi fungsi komposisi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penilaian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMAN 1 MARON. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi siswa dan hasil tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kenaikan nilai rata-rata yaitu pada siklus I sebesar 60,2 dan siklus ke II sebesar 82. Persentase ketuntasan klasikal juga menunjukkan adanya kenaikan terkait siswa yang nilainya di atas nilai KKM yaitu (78) pada siklus I sebesar 67,8% (sebanyak 19 siswa), dan siklus II sebesar 96,4% (sebanyak 27 siswa).

Published
22-08-2024
Abstract views: 63 , PDF downloads: 62